Makanan Khas Indonesia ini Rupanya Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Cocok Jadi Hidangan Idul Adha

149
pixabay

KOLESTEROL tinggi adalah salah satu penyebab beberapa gangguan kesehatan, yang kerap membahayakan nyawa mereka yang menderita masalah ini.

Dan jika bicara Idul Adha, yang mana akan dirayakan umat muslim di Tanah Air, pada Jumat (31/7/2020) , tentu akan banyak makanan yang berlemak di meja makan.

Seperti diketahui, makanan dengan kuah santan, opor ayam, gulai sapi adalah pemandangan wajar yang biasa menghiasi ruang makan orang Indonesia.

Namun jika bicara kolesterol, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikannya. Salah satunya dengan mengonsumsi tahu.

Beberapa studi menunjukkan, konsumsi tahu dan beberapa jenis produk kacang kedelai lainnya, dapat membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Menurut para dokter dari Harvard Medical School, seperti dilansir Prevention,dari setiap 10 ons konsumsi tahu atau 2½ cangkir susu kedelai setiap harinya, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, sebesar 5 hingga 6 persen.

Phytosterol (protein rendah kolesterol) yang ditawarkan tahu, membuatnya cocok digunakan sebagai pengganti konsumsi daging anda setidaknya satu malam setiap minggunya. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam tubuh setidaknya dapat terjaga pada angka yang normal.

Selain konsumsi tahu, konsumsi obat-obatan sejenis statin (konsultasikan dengan dokter), diklaim dapat menahan fungsi enzim penghasil kolesterol pada liver bernama HMG-CoA reductase.

Dengan mengonsumsi obat jenis ini, penderita kolesterol tinggi dapat mengurangi produksi LDL dalam tubuh penyebab serangan jantung, stroke dan penyakit vaskuler itu.(ruf/fin/RP)