LLDIKTI: Meski Pandemi, Uniga Mampu Pertahankan Kepercayaan Masyarakat

119
FOTO BERSAMA.Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd bersama Rektor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng dan pengelola Fakultas Kewirausahaan di Kampus 4 Uniga, Senin (5/10)

RadarPriangan.com, GARUT – Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd lakukan kunjungan ke Universitas Garut, Senin (5/10). Agenda tersebut dalam rangka pemberian bimbingan kaitan pelaksanaan kuliah di tengah pandemi Covid19.

Prof. Uman menyampaikan, sebagai salah satu perguruan tinggi yang paling diminati di Kabupaten Garut, Uniga memiliki tanggung jawab besar dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan untuk masyarakat Garut khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

“Walaupun pandemi bukan skala lokal tapi internasional, tapi kalau melihat animo masyarakat, Uniga untuk senantiasa meningkatkan (kualitas, red) diri dari pendidikan, Uniga tidak terlalu terpengaruh. Uniga mampu mempertahankan kepercayaan masyarakat,” katanya.

Meski terjadi penurunan jumlah mahasiswa baru akibat pandemi Covid19, namun angka 15 persen merupakan capaian cukup baik ketimbang beberapa perguruan tinggi lainnya.

Menurutnya, ada sebuah kinerja positif yang ditunjukkan oleh rektor dan yayasan dalam membangun kampus menjadi semakin maju dan dipercaya masyarakat.

Lanjutnya, pihak kampus khususnya Uniga memiliki tanggung jawab besar, diantaranya memberikan edukasi yang kuat kepada masyarakat, bahwa masa depan tidak bisa dijangkau tanpa pendidikan.

“Maka Uniga punya tanggung jawab dalam meningkatkan kualitas masyarakat Garut khususnya, umumnya Indonesia untuk berpeluang mendapatkan pendidikan terbaik dengan dosen terbaik sarana dan prasarana terbaik dan menghasilkan lulusan terbaik,” tambahnya.

Hal tersebut diwujudkan dalam Mahasiswa merdeka milih Uniga, mahasiswa merdeka saat di kampus Uniga, mahasiswa lulus memiliki kemerdekaan. “Apa yang dimiliki kemerdekaan? mereka punya harga diri martabat,”  katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng mengungkapkan, pihaknya bersama yayasan terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas kampus, mulai dari staf pengajar/dosen, sarana dan prasarana hingga menghasilkan lulusan terbaik setiap waktunya.

“Kita tetap melakukan pembangunan sarana dan prasarana seperti hari ini, tidak hanya membangun tapi punya ciri dan punya program kerja sesuai dengan visi misi Uniga. Kampus merdeka, kita siapkan dosen, sarpras terbaik sehingga menghasilkan alumni (lulusan, red) terbaik,” katanya.

Lanjutnya, ada beberapa penekanan yang dilakukan Uniga, diantaranya kaitan pentingnya publikasi hasil penelitian masyarakat, pembenahan sarpras, peningkatan kualitas dosen.

Tidak hanya itu, pihaknya pun membuka 10 program studi baru, dimana kendati belum ada lulusan pada prodi baru tersebut, satu Prodi sudah mendapatkan akreditasi Baik Sekali (B).

“(Hasil tersebut, red) Artinya bahwa secara institusi lembaga sudah menyiapkan dosen-dosen terbaik, belum ada lulusan pun sudah terakreditasi B. Ini juga jadi motivasi kita karena kedepan kita ada membuka Prodi baru terutama dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat Garut untuk kuliah yang berkualitas dan terjangkau,” pungkasnya. (erf)