Linda Hastuti Ciptakan SIMOLEK sebagai Terobosan Baru

824
Linda Hastuti pencipta aplikasi SIMOLEK saat diterima Bupati Garut Rudy Gunawan. (Istimewa)

RadarPriangan.com, GARUT – Perkembangan teknologi semakin hari memang tak bisa dihindari, lahirnya beberapa terbosan baru di berbagai bidang tentu untuk memudahkan masyarakat untuk mengakses untuk berbagai kebutuhan.

Pelayanan publik bagi pemerintah daerah yang berbasis elektronik terus dikembangkan, seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi yang menganut paham keterbukaan. Terobosan demi terobosan terus dibuat untuk memenuhi keinginan masyarakat dalam berbagai bidang.

Linda Hastuti, yang merupakan PNS yang bekerja di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut berhasil menciptakan terobosan baru untuk pengelolaan informasi bersandar pada sistem elektronik dilahirkan dengan istilah SIMOLEK (Sistem Infromasi Manajemen Organisasi Bebasis Elektronik).

Menurut Linda, portal bernama simolek.id. Tidak hanya sistemnya, namun Buku Panduannya juga disusun sedemikian rupa untuk memudahkan masyarkat dalam mengkases dan memberikan teknis pembelajaran bagi pada administrator yang akan mengelola sistem informasi manajemen berbais elektronik tersebut.

“Melalui SIMOLEK akan cukup berguna bagi peningkatan pelayanan publik pemerintah daerah, karena didalamnya dimuat seluruh biodata pegawai DPMPD Garut. Selain itu dimuat juga besaran gaji setiap individu dari Kepala Dinas hingga staf yang paling bawah,” jelas Linda yang saat ini menjabar sebagai Kasubag Umum di DPMD Kabupaten Garut.

Lanjut Linda, kedua contoh tersebut dapat digambarkan bahwa tidak ada lagi informasi yang tertutup, seluruhnya jadi transparan, kemasan demikian menunjukan bentuk dari akuntabiitas publik, dan menyadarkan bersama bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja dan mengabdi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Besar harapan agar SIMOLEK bisa menjadi jembatan bagi masyarakat dalam menjalankan partisipasi publik dan meningkatkan mutu manajemen bagi para pemangku kebijakan di Pemerintah Daerah Kabupaten Garut.

Buku Panduan SIMOLEK yang disusun oleh Linda Hastuti sebagai karya atau tugas akhir sebagai peserta DIKLATPIM IV Tahun 2019 di PUSDIKMIN POLRI Bandung, yang telah di lakukan uji kelayakan oleh para pengajarnya, pada 30 April 2019 telah resmi terdaftar di Perpusatakaan Nasional dengan nomor ISBN 978-602-50653-3-0, Pengarang Linda Hastuti dan sebagai editor dalam buku tersebut adalah Jamil Mubarok Manajer Riset dan Kajian Penerbit JMPD.(bow)