Laut Selatan di Garut Masih Aman

272
BPBD Garut meminta masyarakat tenang dengan isu potensi tsunami pantai selatan. (dok. RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) menerangkan bahwa keberadaan megatrust yang terdeteksi belakangan ini berpotensi menimbulkan gempa dengan magnitudo sebesar 8,5-8,8. Di wilayah DIY potensi tsunami bisa mencapai ketinggian 20 meter dan air laut masuk ke daratan sejauh 3-4 kilometer.

Menyikapi potensi terjadinya tsunami dengan ketinggian 20 meter di laut selatan Jawa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mengimbau masyarakat tidak perlu terlalu cemas.

Kepala BPBD Garut, Dadi Zakaria, mengatakan, meski Garut termasuk dalam jajaran laut selatan Jawa, namun kondisi saat ini masih cenderung aman.

“Kita selalu mengingatkan kepada semua sektor di tiap tingkatan mulai Kecamatan, Desa terkait siaga kebencanaan, kita juga tingkatkan intensitas komunikasi antar lini. Terkait dengan itu, laut Garut masih relatif aman, jadi masyarakat jangan cemas,” kata Dadi.

Kedepan, pihaknya bersama BNPB terus melakukan upaya untuk meminimalisir dampak dari terjadinya bencana alam, termasuk antisipasi tsunami dengan pengadaan alat pendeteksi dini tsunami. Dengan demikian, diharapkan tidak ada korban akibat bencana tersebut. (erf)