KPGS Patuhi Instruksi Pemerintah Soal Virus Corona

190
Manajer Utama KPGS, drh. H. Ade Hikmat Buana membuka RAT (Feri Citra Burama)
  • RAT Diwakilkan Ketua Kelompok

RadarPriangan.com, GARUT – Ada yang berbeda dengan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Peternak Garut Selatan (KPGS) pada tahun ini. Biasanya RAT dihadiri ribuan anggota, namun pada tahun ini RAT hanya diwakili oleh Ketua Kelompok.

Manajer Utama KPGS, drh. H. Ade Hikmat Buana menjelaskan, pihaknya mematuhi instruksi Pemerintah perihal membatasi pengumpulan massa yang banyak, untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Karena itu lanjut H Ade, RAT yang biasanya dihadiri seluruh anggota, tapi tahun ini hanya diwakilkan oleh ketua kelompok saja.

“Kita mendapatkan surat edaran baik melalui media sosial, walaupun sebelumnya kita kan sudah ada edarannya dari pemerintah pusat dari pak Jokowi langsung”

“Kemudian hari minggu pak Ridwan Kamil, Gubernur Jabar di Televisi juga sudah menyampaikan, bahwa tidak melakukan pengumpulan massa yang banyak lah istilahnya,” kata H Ade saat ditemui, Selasa (17/03/2020) di kantor KPGS Jalan Rayya Cibodas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Jadi kita hanya cukup dengan perwakilan untuk mengurangi dampak-dampak yang terlalu banyak bersentuhan. Apalagi kalau RAT kan biasanya mengundang tamu dari luar daerah, sehingga dikhawatirkan membawa dampak penyebaran virus,”

“Makanya pengurus dengan pengawas dengan manajemen panitia berinisiatif berkomunikasi, waktu hari itu kita mengadakan rapat darurat kemudian, ngumpul dengan manifestasi anggota yaitu para perwakilan angggota yaitu para ketua kelompok,” kata H Ade.

RAT sendiri dilaksanakan sejak hari ahad kemarin (15/03/2020) bersama perwakilan ketua kelompok.

“Pada akhirnya laporan pertanggung jawaban pengurus kemudian pengawas dan juga program kerja tahun 2020 dan RAPBK 2020 dinyatakan diterima dan disahkan,” katanya.

Adapun hari Selasa ini (17/03/2020) adalah acara tambahan yang biasa dilakukan yaitu pendistribusian uang duduk, konsumsi, termasuk juga mengundi doorprize yang juga diwakili ketua kelompok.

“Uang duduk itu baik yang hadir maupun yang tidak hadir juga dikasih. Cuma untuk yang diundang hari pertama dan kedua, ada tambahan lagi. Jadi ada uang duduk hadir dan uang duduk tidak hadir,” katanya.

Sehingga tidak ada yang berubah dalam hal hak anggota. Seluruhnya didistribusikan oleh KPGS seperti tahun sebelumnya.

“Intinya RAT tetap terlaksana, tapi kita tetap menjaga, mendukung program pemerintah untuk tidak terjadi pengumpulan massa yang terlalu banyak.” pungkasnya.(fer)