KNPI Garut Sarankan Dana Covid-19 Garut untuk Sektor Produktif

18

RadarPriangan.com, GARUT – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Garut memberikan saran agar dana penanggulangan pandemi covid-19 Kabupaten Garut digunakan untuk sektor produktif.

Kalamullah Apandi, Ketua Pokja Penanganan Pandemi Covid-19 KNPI DPD Garut menyarankan, agar dana yang tidak sedikit itu disalurkan untuk bantuan permodalan.

Menurut Kalamullah hal itu lebih bermanfaat ketimbang disalurkan semisal program satu juta masker yang dinilainya kurang produktif.

Karena menurut Kalamullah masker itu harganya murah dan terjangkau oleh masyarakat. Masyarakat tidak akan kesulitan membeli masker. Sehingga menurutnya anggaran untuk bantuan masker itu terbuang percuma saja.

Namun sebaliknya ketika dana untuk satu juta masker itu digunakan untuk permodalan usaha produktif akan jauh lebih bermanfaat.

” Itu sebetulnya tidak perlu karena masker itu mudah didapatkan. Nah yang perlu Pemerintah Kabupaten Garut lakukan adalah bagaimana anggaran yang ada, misalnya Rp 7 miliar ini untuk masker bagaimana itu digunakan untuk sektor membantu permodalan pemuda. Nah dari situ kan akan ada geliat ekonmi,” Ujarnya dalam Talk Show yang diselenggarakan Radar Garut dengan tema Peran Elemen Masyarakat dalam Panggulangan Pandemi Covid-19, belum lama ini.

Lebih lanjut Kalamullah menjelaskan, sektor usaha produktif seperti UMKM itu sangat membutuhkan bantuan. Dalam hal ini Pemerintah memiliki data dan otoritas untuk menentukan UMKM mana yang perlu dibantu.

Dengan demikian, KNPI lebih menitik beratkan agar dana penanganan covid-19 ini agar lebih dipusatkan untuk memberikan kail ketimbang ikan.

Kendati demikian, KPNI dalam hal ini menurut Kalamullah juga sudah bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam penanganan pandemi covid-19.

KNPI selama ini mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Daerah dan dana hibah itu tahun ini disalurkan untuk membantu masyarakat.

Hal itu sebagai upaya KNPI bersama-sama pemerintah daerah untuk mencegah agar penularan virus Korona itu tidak meluas.

Beberapa program bantuan KNPI Garut sebut Kalamullah, misalnya adalah program bantuan 1.000 paket sembako, pembagian 100 unit APD (alat pelindung diri) ke puskesmas, distribusi masker dan beberapa bantuan lainnya. (RP)