Khasiat Air Kelapa Menurut Pedagang di Ciamis

252
Musim hujan tak menyurutkan minta pecinta kelapa untuk memburu tanaman sejuta manfaat ini (Rizki Aldi Saputra)

RadarPriangan.com, CIAMIS – Banyak pedagang kelapa muda di Kabupaten Ciamis. Baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan, tak sulit menemukan pedagang kelapa.

Kelapa sendiri merupakan tanaman yang digemari semua kalangna, karena diyakini banyak mengandung manfaat. Bahkan tanaman kelapa dianggap tanaman yang paling bermanfaat, karena dari mulai akar, batang, daun, hingga buahnya bisa bermanfaat bagi manusia.

Berikut ini merupakan manfaat air kelapa muda menurut pedagang kelapa di Kabupaten Ciamis yang sudah merasakan sendiri khasiatnya bagi tubuh.

Adalah Togar (26) penjual kelapa di Jalan Iwa Soemanti komplek Gedung Islamic Center (IC) Ciamis, yang sudah merasakan betul seperti apa manfaat air kelapa.

” Selain airnya segar, kandungan yang dibutuhkan untuk tubuh kita juga banyak. Karena air kelapa mempunyai khasiat seperti mencegah dehidrasi. Sebab air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang banyak sehingga cocok untuk mengembalikan cairan tubuh kita,” kata Togar, Sabtu (21/03/2020).

Kandungan air kelapa tidak hanya di situ saja, Togar menambahkan, selain memiliki kandungan untuk mengembalikan cairan tubuh air kelapa juga mempunyai manfaat lainnya.

“Dengan meminum air kelapa berat badan kita bisa menurun, sakit kepala bisa berkurang dan yang paling penting dengan meminum air kelapa kita bisa awet muda,” katanya.

Di tempat yang sama, pedagang kelapa, Agus (34) mengaku, penjualan kelapa tidak surut kendati musim hujan. Itu menunjukkan air kelapa sangat diminati masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Banyak sekali manfaat bagi tubuh kita,makanya air kelapa selalu saja habis,” katanya.

Dilihat dari harga pun air kelapa paling bersahabat dengan saku anak muda. Agus mengaku menjual air kelapa hanya Rp 5.000 untuk es kelapa dan Rp7.000 untuk air kelapa murni.

” Sedangkan untuk air kelapa obat atau biasa disebut kelapa hijau yang dalamnya merah dijual sekitaran Rp 12.000 sampai Rp 15.000 tergantung bunderan kelapanya,” kata Agus. (mg2)