Keberhasilan Program Bangga Kencana DPPKB Kota Banjar Tahun 2020, Dapat Prestasi Tingkat Nasional dan Provinsi

12

RadarPriangan.com, BANJAR – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Banjar, tahun 2020 sukses meraih beberapa prestasi baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Meski di tengah masa pandemic Covid-19, namun tidak mengurangi semangat pelaksanaan program DPPKB untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Banjar, H. Saifudin, A.ks., M.Kes melalui Sekretaris Yuyub Yunarsih, SE., MM yang didampingi kepala Bidang KB H. Agus Mulyana, Skm. MM mengatakan, raihan prestasi kerja tahun 2020 agak sedikit menurun dibanding tahun 2019 kemarin.

“ Untuk tahun 2020 prestasi kami menurun, karena kita menerapkan himbauan dari pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan di setiap kegiatan kami di masa pandemic ini,” jelas Yuyub saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/11).

Menurut Yuyu, meski menurun, DPPKB Kota Banjar berhasil meraih prestasi di tangkat provinsi dan nasional.

“ Salah satunya yakni pencapaian target aseptor tingkat Kota Banjar yang melebihi 100 %, indikasi tersebut menjadi salah satu faktor Momentum sejuta aseptor program pusat. Dari momentum itu, pusat meraih rekor muri, dan Capainya dari tiap daerah pada saat hari keluarga nasional Daerah yang melibihi 100% karena melebihi target BKKBN pusat,” ujarnya.

Yuyub menambahkan, selain itu pada saat Hari kontrasepsi nasional, capaian target Kota Banjar di atas 100% dan meraih penghargaan, serta untuk program BKR (Bina Keluarga Remaja) di Desa Sinartanjung meraih juara 2 tingkat Provinsi tahun 2020.

“ BKR merupakan program yang ditujukan Kepada orang tua yang punya anak remaja, dengan capaian tidak ada yang nikah muda, harus ada penundaan kehamilan secara garis besar untuk Penerapan kesehatan reproduksi remaja, Aktivasi sosialisasi kesehatan reprodukai remaja yang mereka sosialisasikan kepada keluarga dan temanya,” paparnya.

Lebih lanjut Yuyub menambahkan, di samping itu juga DPPKB Kota Banjar juga meraih Juara harapan 3 pengelolaan pencataan dan pelaporan terbaik program Bangga Kencana tingkat provinsi jawa barat tahun 2020.

“ Program Bangga Kencana Sendiri yakni Segala kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas dicatat dan dilaporkan ke link BKKBN pusat, dan itu berjenjang, dari kader ke desa, dari desa ke kecamatan dan dari kecamatan ke kota, dan seterusnya. Dan hasil capaian itu kami bisa meraih itu, dan yang mendapat penghargaan itu yakni Balai Penyuluhan KB Kecamatan Purwaharja, meskipun atas nama Kota Banjar,”sebut Yuyub.

Selain raihan itu, DPPKB juga meraih Juara 1 lomba PKBRS Rumah sakit Tipe D yakni RS Mitra Idaman dan masuk nominasi tingkat nasional. Sedangkan RSUD Kota Banjar sendiri Pernah Juara Nasional, dan PMC Juga Pernah Juara Provinsi.

Palaksanaan Program Kerja di masa pandemic begitu berat. Menurut Yuyub, pelaksnaan program harus mengedepankan Protokol kesahatan, sedangkan biasanya pihaknya melaksanakan pelayanan di satu titik, namun sekarang harus menerapkan Protokol kesehatan.

“Di saat pandemi ini sebetulnya targetan turun, karena menuju new normal Kita sebar calon aseptor di beberapa titik, tadinya kita mengumpulkan mereka tapi kan gak bisa, namun yang penting terdaftar secara online ke pemerintah pusat,” jelasnya.

“Dari bulan Maret sampai Juli Stategi untuk melaksanakan program Ada pertemuan kader di lapangan, misal untuk 100 orang, antisipasinya sekarang itu kegiatan tidak dipusatkan dan dipisah waktu. Dan juga sistem kerja yang kemarin WFH, meski WFH tetap melaksanaakn pekerjaan meski melalui jejaring komunikasi sosial melalui Whatsapp,” tambah Yuyub. (Agr/adv)