Keberhasilan Kades Hegarmanah Realisasikan Dana Desa

1010
Kades Hegarmanah, Iyus Rusnadi empat dari kanan, foto bersama dengan aparatur Desa dan Babinsa di depan kantor desa yang tengah direhab.

GARUT – Pemerintah Desa Hegarmanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, di bawah Kepemimpinan Iyus Rusnadi S, selaku Kepala Desa, sudah berhasil merealisasikan Dana Desa. Banyak pembangunan infrastruktur yang telah dicapai Desa Hegarmanah selama Kepemimpinannya.

Pada akhir masa Kepemimpinannya, Iyus Rusnadi, mengharapkan kerjasama semua masyarakat untuk bersama-sama memelihara infrastruktur yang telah dibangun itu.

“Saya selaku Kepala Desa telah membuktikan pembangunan Dana Desa dan bantuan Pemerintah. disamping itu kepada masyarakat saya minta kebersamaannya untuk memeliharanya kedepan,”kata Iyus, Kades ramah yang kabarnya akan habis masa jabatan di 2019 itu.

Selama ini, Iyus telah membangun infrastruktur yang vital bagi masyarakat. Semua sektor disentuh, mulai dari Sektor Pertanian sebagai mata pencaharian utama warganya, Sektor Kesehatan, Sektor Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi, hingga rehabilitasi kantor Desa sebagai pelayanan publik.

Namun demikian, Iyus mengaku masih ada cita-cita yang ingin dicapainya kedepan. Jika seandainya dia terpilih lagi pada Pilkades serentak tahun 2019 nanti, Iyus akan melanjutkan apa yang menjadi harapan masyarakat itu.

“Insyaa Allah tahun depan kalau ada nasib lagi saya mungkin 2019 mencalonkan lagi. Masih banyak infrastruktur yang belum dibangun, untuk kedepan kita bercita-cita ingin menuntaskan pembangunan hotmix jalan Desa. Semuanya ada 3 kilometer lebih, masyarakat sangat menantikan untuk melanjutkan pembangunan itu,”kata Iyus.

Selain hotmix jalan Desa, Iyus juga ingin mengabulkan harapan warganya untuk menyediakan mobil Pelayanan Desa. Karena banyak warganya yang ketika sakit, atau mau melahirkan terkadang kesulitan mencari kendaraan.

“Dan itu akan saya pikirkan juga dan sudah direncanakan. Karena memang sampai saat ini ada yang ke rumah sakit, sering pinjam mobil pribadi. Insyaa Allah saya akan sediakan,”kata Iyus.

Usulan masyarakat itu lanjut Iyus, sudah masuk dalam pembahasan Musrenbang (musyawarah rencana pembangunan desa) dan sudah masuk dalam RAPBDes. Jadi tinggal realisasinya di tahun akan datang kalau memang masyarakat memberikan kepercayaan kembali kepada dirinya. “Harapan saya, bersama rakyat kita bisa bersatu kembali,”imbuhnya.

Sementara untuk tahun 2018 ini, Iyus bersama jajarannya telah melaksanakan sejumlah pembangunan infrastruktur. Antara lain, pembangunan Jembatan, Pipanisasi, gedung Posyandu, Pemeliharaan jalan Desa (TPT jalan Desa), pengadaan sarana informasi komunikasi dan audio kantor Desa, pembangunan hotmix jalan Desa dan pembangunan gapura masuk jalan Desa.

Selain pembangunan infrastruktur, Iyus Rusnadi juga melaksanakan pembangunan kapasitas masyarakat. Diantaranya, pemberdayaan kapasitas sarana prasarana pertanian, pemberdayaan pengembangan seni budaya lokal, pemberdayaan pendidikan keagamaan juga pemberdayaan sarana prasarana posyandu. (fer)