Jelang Tahun Baru dan Natal, Petugas Gabungan Periksa Angkutan Umum

114
Petugas gabungan periksa angkutan umum

CIAMIS – Menjelang Tahun baru dan libur natal Polres Ciamis adakan permeriksaan kendaraan angkutan umum gabungan bersama TNI dan Dinas Perhubungan di jalan Ciamis- Banjar- Cijengjing.

petugas gabungan mengamankan 2 bus yang dinyatakan tak laik jalan serta tidak dilengkapi surat-surat. Para penumpang terpaksa turun untuk beralih ke armada lain guna melanjutkan perjalanan.

Setiap armada angkutan yang datang dari arah Jawa Tengah dan dari arah Bandung diberhentikan petugas. Kemudian petugas kepolisian memeriksa kelengkapan surat seperti SIM dan STNK.

Sedangkan petugas Dinas Perhubungan Ciamis memeriksa surat trayek serta melakukan cek fisik kendaraan mulai dari sistem pengereman, lampu, kemudi, hingga kondisi ban.

“Kita sudah amankan 2 kendaraan bus, pertama karena kelaikan jalan, ban sudah gundul dan vulkanisir. Ada juga yang surat-surat tidak lengkap dan trayeknya tidak sesuai,” ujar Kabag Ops Polres Ciamis Kompol Sumari, Senin (09/12/2019).

Menurutnya, beberapa sopir bus yang tak melengkapi surat kendaraan SIM dan STNK terpaksa ditilang oleh petugas. Sedangkan kendaraan yang tak laik tidak boleh melanjutkan perjalanan, ditahan sampai melengkapi supaya aman digunakan.

Sumari mengatakan, pemeriksaan tersebut dalam rangka persiapan menghadapi Operasi Lilin Lodaya 2019. Targetnya, guna menjaga keselamatan baik awak angkutan dan para penumpang. Juga mengurangi angka kecelakaan lalulintas.

“Sasaran kita adalah kendaraan angkutan umum orang, maupun angkutan barang. Kita cek kelaikannya serta sarana dan prasarana lainnya,” ucapnya.

Pemeriksaan tersebut akan dilaksanakan rutin dengan berbeda-beda lokasi. Pemeriksaan ini agar para penumpang yang akan pulang kampung atau liburan bisa dengan nyaman menggunakan angkutan umum.

” Kita akan adakan dengan rutin untuk membuat nyaman pada penumpang dan menjaga angka kecelakaan” jelasnya. (mg2)