Jelang Qurban, Masyarakat Diimbau Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

191
Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik saat qurban nanti. (MUHAMAF ERFAN/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meminta masyarakat tidak membungkus daging kurban menggunakan kantong plastik sekali pakai, lebih baik pakai bahan yang bisa didaur ulang.

 “Terkait dengan penyelenggaraan Idul Adha yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Alangkah baiknya untuk menggunakan pembungkus tidak dari plastik yang sekali pakai, tapi menggunakan bahan-bahan yang bisa didaur ulang,” kata Helmi. 

Ia memaparkan, 1 triliun kantong plastik yang digunakan, atau setiap orang menggunakan sekitar 170 kantong plastik tiap tahun berarti setiap satu menitnya 2 juta kantong plastik yang dibuang. 

Perlu diketahui, kantong plastik baru bisa terurai di alam dalam waktu 500-1000 tahun ke depan. Oleh karena itu, kata Wabup, kurangi penggunaan kantong plastik keresek sekarang juga, jika belum dapat menghentikan secara total lakukanlah secara bertahap, anjurkan keluarga, teman dan tetangga untuk mengurangi pemakaian kantong plastik dengan menjelaskan bahaya pemakaian kantong plastik. 

“Jadilah agen penyelamat lingkungan Dengan mengubah kebiasaan kecil, kita akan berkontribusi dalam pelestarian lingkungan,” kata Helmi di Lapang Otto Iskandardinata, Sabtu (28/7). 

Menurut Helmi, jika hanya membeli sedikit tolaklah pemberian kantong plastik dari toko, dan masukan barang belanjaan kedalam tas yang dibawa sendiri. 

“Ingat kantong keresek adalah bonus yang gak berguna,” ujarnya. 

Bahkan, sebelumnya juga Pemerintah Daerah melalui Dinas Peternakan menginbau, agar panitia kurban jangan menggunakan plastik keresek yang berwarna. (erf)