Jalur Lalin Perkotaan Garut Berubah, Pengendara Kebingungan

74
Jalan Ahmad Yani yang diberlakukan sistem satu arah (Muhammad Erfan)

GARUT – Dinas Perhubungan Kabupaten Garut bersama Polres Garut melakukan sosialisasi pemberlakuan Sistem Satu Arah, di ruas Jalan Ahmad Yani, Jalan Pramuka, Jalan Bank dan Jalan Veteran, Kamis (23/01/2020).

Sementara ini, sebagian warga yang kurang tahu terkait perubahan jalur di beberapa jalan masih saja bingung mengambil arah untuk menuju suatu lokasi.

“Perubahan jalur ini terus terang saja saya belum biasa, masih kadang bingung, mau ke Gedung Lasminingrat misalnya harus puter dulu ke jalan lain, biasanya dua arah,” kata Fauzi (28) salah seorang pengendara motor.

Sedangkan salah seorang pengendara lainnya, Rafa (27) mengatakan, pihaknya berharap aparat tidak melakukan tindakan seperti pemberian sanksi selama proses sosialisasi.

“Ya saya harap ini baru sosialisasi, jika ada yang lupa salah arah ya jangan ditindak dulu, kan baru awal-awal. Karena jujur saja saya juga kadang bingung harus kemana jika mau ke satu tempat,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman mengatakan, Kegiatan sosialisasi ini langkah persuasif kepada masyarakat yang melewati jalan tersebut, dikarenakan reaktivasi jalur kereta api dari Stasiun Cibatu ke Garut.

“ Ini akan ada koneksivitas termasuk di dalamnya modal transportasi dari kereta ke kendaraan lainnya,” ujar Suherman.

Selain itu, kata Suherman, untuk mengurai kemacetan yang selama ini ada delapan titik yang masuk ke jalan Pramuka, dan sekarang dengan rekayasa ini menjadi empat.

“Jalur angkot pun berubah, biasanya dari jalan Cimanuk lewat alun-alun bisa lurus, sekarang dibelokan, Alhamdulillah lancar walaupun agak sedikit kaku karena baru mulai,” ujar Suherman.

Suherman juga menjelaskan, sosialisasi akan dilakukan selama tiga puluh hari, nantinya setelah itu dipasang rambu-rambu lalulintas.

“Selama tiga puluh hari kami melakukan sosialisasi, pemberitahuan dan mengingatkan masyarakat pengendara, setelah itu dipasang rambu-rambu lalulintas, dan kalau ada pelanggaran akan dilakukan penindakan,” ujarnya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here