Jalan Nasional Ciamis-Cirebon Amblas

389
Jalan Nasional Ciamis-Cirebon amblas akibat longsor

CIAMIS – Hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis mengakibatkan tebing longsor hingga memakan sebagain badan jalan Nasional Ciamis-Cirebon, Sabtu (15/12) lalu. Jalan longsor tersebut dikhawatirkan meluas dan kondisinya pun tampak sangat membahayakan.

Beruntung warga sekitar bersedia membantu mengatur arus lalu lintas dengan cara buka tutup. Karena kalau tidak demikian, kendaraan dari kedua arah tidak akan bisa melintas.

Dari pantauan Radar Priangan (Radar Garut) di lapangan, Senin (17/12/2018), sejumlah warga tengah melakukan buka tutup arus lalu lintas. Lokasi longsor ditutup menggunakan garis Polisi supaya pengendara yang melintas untuk berhati-hati.

Sementara beberapa petugas tengah melakukan perbaikan di lokasi longsor, supaya longsor tidak meluas sehingga memakan seluruh jalan.

Diketahui jalan yang longsor ini merupakan alternatif dari Ciamis menuju tol Cipali.

Kepala Desa Purwasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Gunawan menuturkan, di sepanjang jalan raya Kawali sampai Panawangan Ciamis rawan longsor.

Itu disebabkan karena beberapa titik jalan berada di tebing yang tidak diperkuat oleh tembok penahan tebing. Sehingga saat hujan deras, sewaktu-waktu bisa terjadi longsor.

“Seharusnya dilakukan pencegahan dengan dibangun TPT di seluruh tebing yang rawan. Jangan menunggu longsor dulu baru dibangun TPT,” ujarnya.

Iwan Ruswanto, Pengawas Lapangan Kementerian PUPR menjelaskan, penanganan longsor tersebut saat ini tengah dikerjakan supaya tidak meluas ke seluruh badan jalan. Menurutnya, untuk penanganan jangka panjang harus dibangun tembok penahan atau bronjong.

“Longsor ini akibat limpasan air terlalu deras sehingga tebing longsor dan membawa sebagian badan jalan. Meski hanya sedikit tapi kalau dibiarkan dilintasi khawtir akan bertambah parah,” pungkasnya (mg2)