Ini Tanaman Hias Viral, Yang Paling Laris Sampai Paling Mahal di Garut

160
Aglonema Suksom Jaipong, tanaman hias yang paling banyak diburu pecinta tanaman hias

RadarPriangan.com, GARUT – Beberapa jenis tanaman atau bunga hias saat ini kembali menjadi viral dan banyak diburu oleh pecinta tanaman. Tak hanya karena tampilannya yang eksotis, namun juga harganya yang cukup mahal.

Namun harga yang mahal itu tak akan menjadi masalah bagi sebagian kalangan yang memang memburu kepuasan. Karena sebanding dengan kenikmatan memiliki bunga atau tanaman hias yang indah dipandang tersebut.

Terlebih lagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang. Memiliki bunga mungkin bisa jadi alternatif agar bisa betah tinggal di rumah daripada keluyuran dan berkerumun di tempat yang kurang bermanfaat.

Nah berbicara tanaman hias, di Kabupaten Garut sendiri ada sentra tanaman hias yang teletak di jalan Merdeka Kerkhof-Garut. Di sana terdapat Kelompok Pedagang Bunga Hias (KPBH) yang menyediakan berbagai bunga atau tanaman hias yang tengah viral saat ini.

Berikut adalah hasil wawancara Radar dengan Revi Razip,SP pemilik kios tanaman Mekar Bibit yang juga Sekretaris KPBH Garut. Revi membeberkan beberapa jenis tanaman hias yang viral dan banyak diburu oleh pecinta tanaman. Ada juga tanaman hias yang paling termahal saat ini.

Revi menyebutkan, diantara tanaman hias yang viral saat ini antara lain,

Aglonema Suksom Jaipong

Aglonema Three Color,

Aglonema Red Sumatra

Keladi Keris

Keladi Tisu,

Janda bolong (Janbol)

Keladi Jaguar

Calathea Batik

Kalathea Semangka

Alocasia Cuprea (Tengkorak Hitam)

Kuping Gajah Tarantula

Alokasia Dragon Silver

Aglonema Legacy

Nah, diantara jenis tanaman hias tersebut, saat ini yang paling laris atau paling banyak diburu di kios miliknya adalah Aglonema Suksom Jaipong. Tanaman hias dengan ciri khas warna merah ini menurutnya paling banyak digemari warga Garut. Harganya mulai dari Rp250 ribu hingga Rp500 ribu, tergantung jumlah daun.

” Kemudian yang paling laris juga adalah Alocasia Cuprea atau Tengkorak Hitam. Harganya mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung jumlah daun,” ujarnya.

Dan rupanya, yang tanaman hias yang paling mahal kata Revi juga jatuh pada Alocasia Cuprea atau Tengkoran Hitam. Khusus untuk Alocasia Cuprea indukan, harganya bisa berkisar antara Rp 750 ribu hingga Rp1 juta.

Sementara itu Putri Endah Vitalaya SP istri dari Revi, bersyukur dengan viralnya tanaman hias saat ini. Karena diakuinya omzet penjualan bunga atau tanaman hias menjadi meningkat dibanding sebelumnya. (Fer/RP)