Hari Ini, 50 Anggota DPRD Periode 2019-2024 Dilantik

441
Sebanyak calon legislatif terpilih mengikuti gladi resik pelantikan anggota DPRD Kabupaten Garut, Senin (12/8). (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Sejumlah 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut akan dilantik hari ini (13/8/2019).

Pelantikan anggota legislatif yang terpilih pada Pemilihan Umum, 17 April 2019 lalu itu akan dilaksanakan di ruang utama Gedung DPRD Garut pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Garut dalam rangka pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Garut masa jabatan 2019-2024.

Kepala Bagian Persidangan, Hukum dan Perundang-undangan Setwan DPRD Garut, H, Kusnadinata, mengatakan, untuk acara pelantikan anggota DPRD Garut sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Pihaknya menyebarkan sekitar seribu undangan di antaranya untuk Pimpinan Daerah (Bupati), Ketua DPRD se wilayah Priangan, dan para pejabat birokrasi Pemda Garut, TNI, Polri, mantan Bupati, pihak Swasta, LSM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan elemen masyarakat lainnya.

“Pelantikan dan pengucapan sumpah janji akan dilakukan atau dipandu oleh Kepala Pengadilan Negeri Garut. Sedangkan sambutan Pak Gubernur akan dibacakan n oleh Pak Bupati Garut. Sekitar sepuluh Bupati Walikota , Pimpinan DPRD se wilayah Priangan pun diundang, dan dipastikan akan hadir,” kata Kusnadinata kepada wartawan usai gladi resik di ruang utama DPRD Garut, Senin (12/8/2019).

Acara akan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh Ketua DPRD Garut atau yang mewakili.

“Karena ketua sedang melaksanakan ziarah haji, maka akan dipimpin oleh Wakil ketua. Selanjutnya pembacaan surat keputusan gubernur Jawa Barat oleh sekretaris DPRD Garut. Nah ini juga akan diwakilkan karena Setwan sedang mengikuti Diklatpim nasional,” ujarnya.

Selanjutnya acara pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Garut masa jabatan 2019-2024 oleh Kepala pengadilan negeri Garut. dilanjutkan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji.

“Kemudian pengumuman pimpinan sementara DPRD Garut. Biasanya ditunjuk anggota DPRD termuda atau tertua. Tetapi sekarang pimpinan sementara diambil dari anggota partai terbanyak meraih suara, yakni dari Golkar dan Gerindra.” katanya.

Acara selanjutnya, penyerahan pimpinan DPRD, dari pimpinan DPRD masa jabatan 2014-2019 kepada pimpinan sementara DPRD masa jabatan 2019-, 2024 hingga penutupan dengan pembacaan do’a.

Jumlah kursi DPRD Garut dari Partai Politik yang akan dilantik yakni, Golkar (8 kursi), Gerindra (8 kursi), PPP (7 kursi), PKB (6 kursi), PDI-Perjuangan (5 kursi), PKS (5 kursi), Demokrat (5 kursi), PAN (5 kursi), Hanura (1 kursi).

Jumlah tersebut terdiri dari 23 orang anggota DPRD Kabupaten Garut petahana, sementara anggota baru berjumlah 27 anggota. (erf)