Hari AIDS, Pengamen Gelar Sosialisasi dan Tes HIV di Terminal Ciamis

186
Warga di sekitar terminal Ciamis mengikuti tes HIV/AIDS

CIAMIS – Komunitas Pemusik Jalanan (KPJ) Ciamis menggelar sosialisasi dan pemeriksaan/tes HIV/AIDS gratis di Terminal Ciamis, Kamis (05/12/2019).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh para pengamen di Ciamis dalam memperingati hari AIDS sedunia 2019.

Tes HIV ini difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis. Sasarannya sopir angkutan, armada bus, warga terminal seperti pedagang termasuk para pengamen sendiri.

Semua warga terminal diajak untuk mengikuti tes HIV,untung menditeksi dan pencegaha penularan HIV/AIDS.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari warga terminal. Beberapa menit sesaat layanan kesehatan itu dibuka, sejumlah warga terminal dengan antusias antre untuk melakukan tes tersebut.

Selain tes, dilaksanakan juga sosialisasi tentang pencegahan penularan HIV/AIDS melalui panggung masuk dengan tema edutainment event world aids day 2019.

“Kegiatan edukasi lewat entertainment. Memberikan edukasi mengenai penularan dan pencegahan sekaligus melakukan tes HIV. Kegiatan ini secara mandiri digelar oleh komunitas pemusik jalanan atau pengamen. Didukung oleh Dinas Kesehatan Ciamis,” ujar Deni Weje pegiat HIV di Terminal Ciamis.

Deni menjelaskan dipilihnya Terminal Ciamis, guna memfasilitasi warga terminal untuk mengecek HIV/AIDS, karena umumnya mereka tak siap ke layanan di Puskesmas atau Rumah Sakit.

“Kenapa Terminal, karena yang namanya hidup di jalan resiko tertular HIV tergolong tinggi. Intinya tes ini lebih ke pencegahan. Alhamdulillah antusiasme tinggi, baru dibuka saja sudah langsung berdatangan antre untuk diperiksa,” ucapnya.

Lulu, salah seorang warga Terminal menyambut baik kegiatan tersebut. Pemeriksaan tersebut untuk pencegahan, bukan berarti diperiksa artinya memiliki penyakit.(mg2)