Hama Tikus Merajalela, Petani Kaumluwuk Kewalahan

96

RadarPriangan.com, GARUT – Sawah petani Kaumluwuk, Desa Leuwigoong, Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut diserang hama tikus. Sebagian besar sawah dilaporkan rusak akibat serangan tersebut.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) juga sudah turun ke lokasi meninjau padi yang rusak diserang tikus itu.

Petugas pun berkomunikasi dengan para petani dan memberikan arahan sekaligus membagikan racun pembasmi tikus.

Petani penggarap sawah di Blok Kaumluwuk Jajang (54), ketika ditemui kemarin (8/7/2020) mengatakan, petani setempat sudah berupaya mengendalikan hama tikus menggunakan racun pembasmi namun serangan tikus belum bisa dikendalikan.

“ Ketika hama tikus diracun, memang banyak yang mati tak jauh dari lokasi penyimpanan racun. Namun selang beberapa hari kemudian, serangan hama tikus malah semakin merajalela,” kata Jajang.

Menurutnya, serangan itu sifatnya tersebar tidak merata. Sekilas bila dilihat dari jauh, tanaman padi yang hancur hanya beberapa petak. Namun ketika dicek ke lokasi, ternyata serangan tikus cukup banyak.

Jajang, mengucapkan terimakasih kepada PPL yang sudah turun langsung ke sawah ikut mengecek dan mengendalikan hama tikus di Blok Kaumluwuk. Petugas dan para petani sebatas berupaya untuk mengendalikan hama tikus. (Pap)