Habib Bahar Tampil dengan Kepala Gundul di Lapas Nusakambangan

490
screenshot video Habib Bahar

RadarPriangan.com, NUSAKAMBANGAN – Habib Bahar bin Smith tampil berbeda di lapas Nusakambangan. Habib Bahar yang dikenal berambut gondrong itu kini dicukur habis (gundul).

Dalam klarifikasi Habib Bahar melalui videonya, dia meluruskan kabar miring yang selama ini beredar luas di masyarakat bahwasanya dia diperlakukan tidak baik. Termasuk soal rambutnya yang dikucur habis itu.

Habib Bahar menjelaskan, sesuai dengan SOP yang ada di lapas Nusakambangan, bahwa setiap warga binaan rambutnya harus dipotong. Karena itu dia dengan sukarela memotong rambutnya itu tanpa paksaan dari pihak manapun.

“Kemudian adapun masalah rambut, sesuai dengan SOP yang ada di Nusakambangan, bahwasanya setiap warga binaan yang baru dipotong rambutnya. Maka saya sebagai warga binaan yang taat dan patuh kepada aturan maka saya bersedia rambut saya dipotong tanpa ada paksaan dari siapapun. Tidak ada yang bisa memaksa saya,” ujarnya dikutip dari videonya, Minggu (24/5/2020).

Habib Bahar juga menjelaskan bahwa selama dia dijemput oleh petugas lapas, baik di Gunung Sindur, hingga ke lapas Nusakambangan, dia diperlakukan dengan baik oleh seluruh petugas. Semuanya berlaku ramah terhadap dirinya. Tidak seperti isu miring yang selama ini beredar.

” Alhamdulillah saya ingin sampaikan terutama kepada keluarga, ummi, istri, anak-anak saya, kedua ingin saya sampaikan kepada seluruh murid-murid saya, ketiga kepada seluruh umat Islam, baik kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwasnaya saya mulai dari pertama kali di pondok pesantren diambil, oleh pihak lapas, kemudian dibawa ke lapas Gunung Sindur dari Gunung Sindur dibawa ke sini ke lapas Batu Nusakambangan, mulai dari saat itu sampai sekarang saya berada dalam keadaan sehat wal afiat, alhamdulillah,” katanya.

“Dan mulai dari saat itu sampai sekarang, saya diperlakukan dengan baik. Saya diperlakukan dengan bagus, saya diperlakukan sesuai dengan prosedur sesuai dengan SOP. Seluruh para petugas-petugas yang terkait dengan masalah lapas baik Gunung Sindur dari gunung Sindur ke sini semunya melayani saya sesuai standar,” tegasnya.

“Tidak ada seperti kabar-kabar di luar sana bahwasanya saya dipukuli, bahwasanya saya bonyok-bonyok, saya diginiin, saya diginiin, tidak, tidak ada itu. Sebab keluarga saya juga tahu saya orangnya bagaimana. Bahwasanya saya ini orangnya seperti bola kaen yang dimana semakin dipencet semakin ditekan bukan semakin menunduk, akan tetapi semakin saya jadi. Jadi petugasnya baek semua kepada saya, tidak ada yang memukul, gak ada, semuanya bicara baek, bicara bagus bicara lembut,” katanya lagi meyakinkan.

Dalam video klarifikasi tersebut, Habib Bahar tampak mengenakan pakaian kaos berwarna merah. Dia juga mengenakan ikat kepala berwarna yang sama. Dalam tampilannya itu, Habib Bahar memang tampak sehat. (*)