Guru dan Pelajar di Ciamis Eksperimen Membuat Hand Sanitizer

293

RadarPriangan.com, CIAMIS – Penyebaran virus corona atau Covid-19 membuat resah masyarakat sehingga memborong masker, Alkohol 70% maupun hand sanitaizer.

Akibatnya ketersediaan masker, alkohol dan hand sanitizer menjadi terbatas.

Melihat kondisi tersebut, guru dan siswa SMP AR-Risalah Cijengjing di Kabupaten Ciamis terpikirkan untuk mencoba melakukan eksperimen membuat hand sanitizer dari bahan-bahan alami.

Eksperimen itu berhasil dilakukan oleh guru dan para siswa. Mereka berhasil membuat hand sanitizer yang dibuat dari bahan-bahan alami.

“Di apotek dan di toko-toko Alkohol dan masker habis malahan setelah kami membeli tidak ada sama sekali, habisnya alkohol kami dan guru membuat eksperimen pembuatan Hand Sanitizer dari bahan-bahan alami,”ucap salah seorang guru, Dyah Astuti di labiratorium (16/3/2020) SMP Ar Risalah.

Timbulnya ide ini kata Dyah, berawal dari guru-guru agar para siswa bisa sehat dengan cuci tangan menggunakan Hand Sanitizer .

” Altis mahal alkohol sulit, masker tidak ada, kami coba saja membuat Hand Sanitizer untuk mencegah kehabisan itu semua,”ucapnya.

Para siswa pun kemudian diwajibkan cuci tangan sebelum memulai jam belajar maupun sepulang sekolah.

” Setidaknya kita mencegah dan waspada dari virus yang menempel di tangan agar siswa kita selalu sehat,”katanya.

Ia menambahkan, untuk pembuatan Hand Sanitizer dari bahan alami sangat mudah. Bahan-bahannya pun banyak di lingkungan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu, Daun kemangi, lidah buaya air dan alkohol. (mg2)