Gelar Tarling, Kapolres Minta Masyarakat Jaga Persatuan

297
Kapolres Garut bermusafahah usai tarawih dengan jamaah Masjid Baiturrahman, Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Senin malam (6/5). Pada tarawih keliling ini Kapolres berpesan menjaga persatuan. (IQBAL GOJALI/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna mengawali tarawih keliling (Tarling) di wilayah Kabupaten Garut. Dalam kegiatan tersebut meminta masyarakat untuk menjaga persatuan dan toleransi antar umat beragama.

Budi menyebut bahwa momentum Ramadan ini diharap bisa mempersatukan masyarakat Kabupaten Garut pasca Pemilu 2019. Ia juga meminta agar bulan Ramadan disambut dengan penuh sukacita sehingga menjadi momentum perasatuan setelahnya tetap dijaga.

“Menjaga ukhuwah atau persatuan ini adalah bagian dari wujud keimanan kaum muslimin. Dan dengan persatuan juga tentunya keutuhan negara akan bisa dijaga secara maksimal,” ujarnya, Senin (6/5).

Dalam kesempatan tersebut juga, ia menyebut bahwa bulan suci Ramadan agat dijadikan ajang silaturrahmi. Kepada seluruh jamaah, ia pun meminta agar mendoakan Garut dan Indonesia agar senantiasa aman, damai, dan kondusif.

“Silaturrahmi untuk persatuan, dan dalam salah satu hadits juga silaturrahmi adalah jalan rezeki untuk setiap orang yang melakukannya. Menjaga sillaturrahmi sama dengan menjaga persatuan, dan saya fikir momentum pasca Pemilu ini sangat baik untuk selalu menjaganya hingga kemudian hari,” jelasnya.

Kapolres menyimpan harapan agar masyarakat juga tidak terpancing informasi yang sifatnya provokatif dan tidak jelas sumber juga kebenarannya. Dengan begitu, maka menurutnya masyarakat telah ikut menjaga situasi dan kondisi Garut juga Indonesia yang kondusif.

“Jangan mudah percaya terhadap issue yang berkembang tanpa didukung fakta, khususnya warga masyarakat Kabupaten Garut agar tidak mudah terprovokasi sehinggga kondisi kamtibmas tetap kondusif,” ucapnya.

Kegiatan Tarling dilaksanakan jajaran pejabat Polres Garut di Masjid Baiturrahman, Sukasenang, Banyuresmi, Garut, Senin (6/5/2019). Selain Kapolres, Wakapolsek Kompol Abdul Kholik, Kabag Sunda Kompol Arsyad serta sejumlah jajaran utama Polres Garut juga terlihat hadir.

“Seluruh Kapolsek yang ada di wilayah Polres Garut pun melaksanakan kegiatan ini sambil menyampaikan pesan damai kepada msyarakat. Kita tentunya ingin Garut senantiasa kondusif, aman, dan damai,” katanya. (igo)