Gelar Rapat Anggota Tahunan, Koni Fokuskan Peningkatan Kualitas SDM untuk Porprov

106
Pimpinan Sidang Koni Garut Ade Hendarsyah didampingi Ketua Koni Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng dalam rapat anggota tahunan di Aula Uniga, kemarin (5/3) (foto : Istimewa)

GARUT – Menjelang pekan olahraga Kabupaten dan Provinsi (Porkab dan Porprov), Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kabupaten Garut mulai siapkan pencarian bibit atlet potensial untuk membela Kabupaten Garut.

“Kita ingin di Porprov tahun 2020 sebagai indikator keberhasilan pembangunan olahraga itu bisa meningkatkan prestasi lebih baik. Sumber daya manusia dan infrastruktur sudah kita siapkan dan akan lebih intensif lagi kedepan,” kata Ketua Koni Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng kepada wartawan usai melakukan Rapat Anggota Tahunan Koni Garut di Aula Uniga.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya telah mendengarkan ekspos dari Pemerintah Kabupaten melalui Dinas PUPR Kabupaten Garut terkait progres pembangunan dua sarana olahraga, yakni venue Aquatik dan stadion sepakbola.

“Jika pembangunan dua sarana tersebut berjalan baik, saya yakin kedepan olahraga di Kabupaten Garut bisa lebih bagus. Hal ini juga perlu didukung semua pihak yang harus dilibatkan dalam pembangunan tadi,” katanya.

Maka dari itu, pihaknya berharap, Dinas PUPR bisa lebih intensif melakukan komunikasi terkait kejelasan pembangunan sarana dan prasarana olahraga tersebut, termasuk melibatkan Koni dalam proses pembangunan tersebut.

Untuk peningkatan SDM sendiri, Syakur mengungkapkan, Koni mulai meningkatkan kualitas SDM pelatih, wasit, atlet hingga peralatan penunjang latihan sangkan lebih baik, terutama menghadapi Porprov.

“Kita upayakan sekitar 24 cabor ikut, apalagi pemerintah memberikan stimulus ke kecamatan Rp50 juta untuk bisa mengirimkan atlet terbaik agar bisa tampil di porkab, ini menjadi momentum tepat untuk menyaring bibit-bibit atlet potensial untuk bertanding di Porprov. Alokasi olahraga untuk Koni semakin besar, maka dengan ini akan dikembalikan ke cabor tapi mereka juga harus punya komitmen, yang memberikan hasil signifikan terhadap prestasi mereka. Dari komitmen itu, kita harapkan berhasil lebih dari tahun kemarin. Tapi saya optimis jika melihat intensitas latihan dari cabor, dukungan pemda tinggi, intensitas pertandingan banyak, dan bnyak Kesadaran banyak pihak, itu bisa memberi kekuatan bagi kita kedepannya,” katanya.

Rapat Anggota Tahunan ini kata Syakur juga menjadi momen komunikasi antara Koni dengan para cabor, sekaligus sebagai tanggung jawab dari tata kelola organisasi, evaluasi kegiatan dan penggunaan anggaran sera perencanaan kegiatan Koni Garut. (erf)