Garut Selatan Tak Henti-hentinya Dilanda Longsor

24
Jembatan Citalegong ambruk digerus air dan longsor. (ist)

RadarPriangan.com, GARUT – Wilayah selatan Garut saat musim penghujan ini tak henti-hentinya dilanda longsor.

Beberapa kecamatan seperti Talegong, Cisewu dan beberapa kecamatan sekitar dilaporkan mengalami longsor yang cukup hebat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, pada Sabtu (9/1/2021) longsor melanda Kecamatan Talegong dan Cisewu.

Longsor tersebut terjadi di beberapa titik, seperti yang terjadi di Curug Ceret, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong, sebuah jembatan ambruk akibat digerus air.

Tak jauh dari lokasi tersebut, air bercampur tanah juga mengalami longsor dan mengalir deras menutup badan jalan.

Kemudian arah Kecamatan Cisewu-Talegong juga mengalami longsor tepatnya di Kampung CIgembong, Desa Girimukti dan di Cijagir, Desa Mancagahar. Akibatnya akses jalan sempat tertutup total.

Selain itu lokasi lain, di Jalan Cisewu-Pangalengan tepatnya di Kawasan Lolongokan juga terjadi longsor dan menutup badan jalan.

Petugas dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat juga sempat memutar balikan kendaraan yang menuju Cisewu-Talegong akibat beberapa titik longsor yang terjadi. Hal itu dikarenakan akses jalan tidak bisa dilintasi dan sangat berbahaya bagi pengendara jalan. (RP)