Garuda Jaya Kantongi Kekuatan Lawan di Grup K

234
Pelatih Timnas U-19 Fakhri Husaini sudah mengantongi kekuatan lawan di grup K Piala AFC U-19. (Dok. Jawa Pos)

RadarPriangan.com, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-19 tergabung di Grup K pada ajang Kualfikasi Piala AFC U-19 2020. Hasil itu diketahui setelah Federasi Sepak Bola Asia (AFC) menggelar drawing atau undian pembagian grup.

Dalam undian yang berlangsung di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (9/5) kemarin, ada 46 negara yang tergabung dalam 11 grup Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Dari 11 grup tersebut, ada dua grup berisikan lima negara dan sisanya hanya empat negara.

Garuda Jaya -julukan Timnas Indonesia U-19- sendiri tergabung dalam Grup K Zona Timur bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste. Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah oleh AFC beberapa waktu lalu, rencananya bakal menggelar babak kualifikasi Piala AFC U-19 2020 grup K itu pada 2-10 November 2019 mendatang.

Menanggapi hasil undian tersebut, pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, mengaku tak gentar dengan lawan-lawan yang akan dihadpinya di Grup K Kualfikasi Piala AFC U-19 2020 tersebut.

Menurutnya, kesiapannya menghadapi babak penysihan tersebut tak lepas dari peta kekuatan lawan yang sudah dikantongi olehnya. Meski demikian, Fakhri mengaku tetap mewaspadai kejutan yang akan dilakukan oleh lawannya nanti saat pertandingan.

“Ketiga lawan kami ini memiliki gaya dan karakter permainan yang berbeda. Kami harus waspada dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Yang jelas kami akan bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita agar lolos ke putaran final Piala AFC U-19 2020,” tutur Fakhri kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Kamis (9/5) kemarin.

Dalam ajang tersebut kabranya, Indonesia akan diperkuat oleh para pemain Garuda Select yang sejak Januari 2019 lalu menjalani pemusatan latihan di Inggris melalui program hasil kerja sama PSSI dengan Super Soccer TV.

Namun, bagi Fakhri, dirinya akan memakai pemain-pemain yang memiliki kualitas yang mumpuni dalam ajang tersebut. Menurutnya, pemain-pemain yang memiliki karakter yang diinginkannya mampu memberikan hasil maksimal dalam kejuaraan tersebut.

“Nantinya, di susunan pemain Timnas U-19, kami akan akan memilih pemain-pemain yang mempunyai kualitas serta tangguh dalm hal fisik, teknik, skill, taktik, dan mental,” ungkap Fakhri.

“Karena hanya pemain dengan kriteria hebat seperti itulah yang akan mampu mewujudkan impian kami,” sambung pelatih yang pernah membawa Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala U-16 tahun 2018 itu.

Untuk diketahui, nantinya dalam ajang itu hanya juara grup dan empat runner-up terbaik yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Namun, sebelum mengikuti kualifikasi Piala AFC U-19 2020, Timnas U-19 terlebih dahulu akan berlaga di ajang Piala AFF U-18 2019 yang digelar 5-18 Agustus mendatang di Vietnam. (gie/fin/wsa)

Berikut Hasil Drawing Grup Kualifikasi Piala AFC U-19 2020:

Zona Barat

Grup A: Irak (tuan rumah), Oman, Palestina, Kuwait, Pakistan

Grup B: Qatar (tuan rumah), Yaman, Turkmenistan, Sri Lanka

Grup C: Tajikistan (tuan rumah), Suriah, Lebanon, Maladewa

Grup D: Uni Emirat Arab, Iran (tuan rumah), Kyrgyzstan, Nepal

Grup E: Yordania, Bahrain (tuan rumah), Bangladesh, Bhutan

Grup F: Arab Saudi (tuan rumah), Uzbekistan, India, Afghanistan

Zona Timur

Grup G: Thailand, Malaysia, Kamboja (tuan rumah), Brunei Darussalam, Northern Mariana Islands

Grup H: Australia, Cina Taipei (tuan rumah), Makau, Laos

Grup I: Korea Selatan, Tiongkok, Myanmar (tuan rumah), Singapura

Grup J: Jepang, Vietnam (tuan rumah), Mongolia, Guam

Grup K: Indonesia (tuan rumah), Korea Utara, Hong Kong, Timor Leste