Garuda Batalkan Pesanan 49 Pesawat Boeing 737 Max 8

302

RADARPRIANGAN.COM, JAKARTA – Perusahaan penerbangan nasional, Garuda Indonesia, membatalkan pesanan multi-miliar dolar untuk 49 pesawat Boeing 737 Max 8 setelah dua kecelakaan fatal yang melibatkan pesawat tersebut.

“Kami telah mengirim surat kepada Boeing yang meminta agar pesanan dibatalkan. Penumpang Garuda di Indonesia telah kehilangan kepercayaan pada pesawat tipe itu,” kata juru bicara Garuda Indonesia,” Ikhsan Rosan, Jumat (22/3)

Rosan mengakau, Garuda saat ini telah menerima salah satu pesawat 737 MAX 8. Di mana, pembelian itu bagian dari pesanan 50 pesawat senilai US $ 4,9 miliar pada daftar harga ketika diumumkan pada 2014.

“Garuda juga berbicara dengan Boeing tentang apakah mengembalikan pesawat yang diterimanya atau tidak,” ujar Rosan.

Sementara itu, pihak Garuda Indonesia sejauh ini sudah membayar pembelian Boeing sekitar USD26 juta. Namun, mereka akan mempertimbangkan untuk beralih ke versi baru dari jet satu lorong.

“Pada prinsipnya, kami tidak ingin mengganti Boeing, tetapi mungkin kami akan mengganti pesawat-pesawat ini dengan model lain,” kata direktur Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

Selain Garuda Indonesia, Perusahaan penerbangan nasional, Lion Air Indonesia juga menunda pengiriman pengiriman empat pesawat Boeing 737 MAX 8 baru, setelah Ethiopian Airlines Boeing 737 MAX 8 turun beberapa menit dalam penerbangan ke Nairobi, yang menewaskan 157 orang di dalamnya.

Itu terjadi setelah jet Lion Air dengan model yang sama jatuh di Indonesia pada bulan Oktober, menewaskan 189 orang di dalamnya. (der/fin)