Fraksi PDI-P Minta Pemkab Optimalisasi Penyediaan Air Bersih

86

GARUT – Debit air dari mata air yang biasa dimanfaatkan untuk kebutuhan warga sehari-hari mulai menyusut. Kondisi ini harus menjadi perhatian pemerintah agar warga tidak kekurangan air bersih. Demikian diungkapkan Ketua Fraksi PDI-P DPRD Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan, kepada wartawan usai melaksanakan reses di Kecamatan Karangpawitan, Selasa (21/1).

“Sekarang banyak mata air yang hilang sehingga mengurangi debit mata air. Desa Dangiang misalnya, meski berada di wilayah hulu (sumber air, red) sekarang berkurang dan kebutuhan warga kadang kurang terpenuhi, dan ternyata di semua kampung lainnya dapil (daerah pemilihan, red) saya khususnya butuh air bersih,  makanya kami sekaligus dalam satu rangkaian HUT partai melakukan penanaman pohon, karena sekarang alih fungsi lahan. Termasuk hulunya Sungai Cimanuk dulu banyak pohon sekarang jadi banyak alihfungsi,” kata Yudha.

Menurutnya, penyediaan air bersih menjadi suatu kewajiban pemerintah dalam pelayanan dasar. Maka dari itu, pada Musrembang RKPD nanti, harus ada plan khusus pokok pikiran dewan yang akan dimasukan pada rencana kerja pemerintah daerah.

Termasuk dalam melakukan optimalisasi Perumda Air Minum Tirta Intan sebagai penyedia air bersih kepada ribuan masyarakat Garut. (erf)