Fadli Zon: Jangan Ada Lagi Kriminalisasi pada Habib Rizieq

119
FOTO : Issak Ramdhani / Fajar Indonesia Network

RadarPriangan.com, JAKARTA – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tiba di Tanah Air, Selasa (10/11). Dia tiba di Terminila 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pukul 09.15 WIB setelah menempuh perjalanan dari Jeddah dengan mengunakan Maskapai Saudia Airline SV 816.

Menanggapi kedatangan Habib Rizieq, anggota DPR Fadli Zon meminta agar tak adalagi kriminalisasi. Sebab kasus yang membelit Rizieq dinilainya sangat kental dengan agenda politik.

“Persoalan (Rizieq Shihab) harus dilakukan secara adil dan tidak ada kriminalisasi,” katanya, Selasa (10/11).

Dia juga mengatakan berniat akan melakukan pertemuan dengan Rizieq.

“Insya Allah kalau sudah agak longgar saya mau silaturahmi,” katanya.

Fadli Zon mengaku memiliki kedekatan dengan Rizieq. Dikatakan Fadli, keinginan Habib Rizieq kembali ke Indonesia sudah lama diutarakan. sayangnya sulit terealisasi. Rizieq tidak mendapatkan izin dari imigrasi. Sedangkan keluarganya lolos untuk pulang ke Indonesia.

Tak heran, dia pun menilai kedatangan Rizieq Shihab disambut banyak orang. Bahkan, tak sedikit di antara mereka datang dari luar Jakarta.

“Saya berhubungan dengan beliau, dia ingin pulang ke Tanah Air itu sejak beberapa tahun lalu, tetapi ada invisible hand yang membuatnya tidak bisa (pulang),” kata.

Senada dengan Fadli, Presiden PKS Ahmad Syaikhu juga meminta Rizieq tidak mendapatkan kriminalisasi kembali.

“Mari kita sebagai bangsa melihat ke depan dengan sikap yang arif dan bijaksana demi kebaikan bangsa. Jangan ada provokasi dan kriminalisasi,” katanya.

Syaikhu berharap semua pihak menyambut baik kehadiran Rizieq. Sebab, Rizieq berhak mendapatkan perlindungan sebagai WNI yang sah.

“Kami berharap hak-hak beliau sebagai warga negara dihormati dan dilindungi,” ucapnya.

Kehadiran Rizieq, harus dijadikan momentum untuk merekatkan persatuan. Sekaligus untuk merajut kembali merah putih.

“Mari kita rajut Merah Putih. Kita jadikan momentum kepulangan beliau untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa,” tutupnya.

Demikian pula yang diungkapkan Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi. Dia berharap kedatangan Habib Rizieq dapat mencerahkan pemikiran umat dengan dakwahnya.

“PAN berharap agar Habib Rizieq kembali aktif berdakwah keliling dalam rangka mempertebal keimanan umat, mencerahkan pemikiran umat dalam beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

sebagai ulama yang memiliki banyak jemaah, Rizieq merupakan panutan dan teladan umat. Karenanya, PAN harap Rizieq bersama para ulama dan tokoh agama aktif menjadi penjaga moral bangsa dan mengawal masa depan bangsa sesuai dengan cita-cita nasional.

“Untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang di ridhai Allah SWT, Negara Nasional Indonesia yang baldatun thayyibatun warabun ghafur, negeri yang baik yang selalu mendapat ampunan Tuhan,” tutupnya.

Sementara Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyebut sambutan dari masyarakat merpakan bukti kerindungan umat pada Habib Rizieq.

Sementara Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyebut sambutan dari masyarakat merpakan bukti kerindungan umat pada Habib Rizieq.

“Selamat datang kembali Habib Rizieq Shihab ke tanah air. Umat di Indonesia sudah rindu pada sosok habib yang kerap membantu dan menjadi sosok pemersatu umat,” katanya.

Ditegaskannya, Rizieq sebagai warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama di mata hukum. Karena itu menurut dia, apapun konsekuensi hukum yang beliau hadapi, tidak boleh diwarnai unsur politis.

“Saya harapkan HRS dapat mempersatukan dan memimpin kembali pengikutnya yang berjuang di jalan kemanusiaan, sesuai ciri khas FPI sejak dulu yang selalu terdepan dalam menanggapi bencana,” ujarnya.

Di sisi lain, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito meminta Rizieq melakukan isolasi selama 14 hari. Hal ini untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Seluruh pelaku perjalanan non-domestik wajib melakukan isolasi setelah kepulangan,” ujarnya.

Isolasi mandiri sesuai dengan Surat Edaran Nomor HK.02.01/Menkes/313/2020. Mereka yang baru kembali dari luar negeri direkomendasikan untuk melakukan isolasi selama 14 hari.

Menurut Wiku, Rizieq dapat melakukan isolasi secara mandiri di rumah apabila memiliki fasilitas yang mendukung.

“Jika yang bersangkutan memiliki fasilitas mendukung untuk melakukannya (isolasi di rumah) dipersilakan tentunya setelah mendapat peninjauan dari satgas daerah (khususnya kebijakan di DKI Jakarta),” jelasnya.

Mesi demikian, Satgas COVID-19 menyarankan agar Rizieq melakukan isolasi di fasilitas yang sudah disediakan pemerintah. Misalnya, hotel ataupun Rumah Sakit Darurat.

“Satgas sendiri lebih mendorong yang bersangkutan untuk melakukan isolasi terpusat agar monitoringnya dapat terpantau dengan baik,” tuturnya.

Sebelumnya, Rizieq Shihab tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, pukul 09.15 WIB, Selasa (10/11). Pimpinan FPI dan rombongan tiba di Tanah Air dengan menumpang pesawat Saudi Arabia Airlines SV816, rute Jeddah-Jakarta.

Habib Rizieq yang mengenakan gamis, sorban putih dan bermasker biru langsung mengikuti protokol kesehatan secara ketat di area terminal 3 Bandara Soetta. setelah itu, dia keluar dari Gate I kedatangan Internasional Terminal 3 dan langsung disambut para jemaahnya yang telah lama menunggu.

Pentolan FPI itu kemudian naik mobil keluar dari kawasan Bandara Soetta. Rizieq keluar dari atap mobil Alphardnya dan menyapa massa.

“Allahu Akbar,” serunya.(gw/fin)