Euis Ida : Kesehatan Warga Garut Jadi Prioritas Utama

121
Euis Ida Wartiah (Ketua DPRD Garut)


Siap Dukung Pemkab Gunakan Dana BTT Demi Optimalisasi Pencegahan Covid-19

GARUT – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Garut Euis Ida Wartiah mengaku siap mendukung langkah Pemkab untuk optimalisasi pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Garut.

Menurutnya, pemerintah bisa menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) yang telah disediakan. Sekalipun itu menggunakan seluruhnya sebesar Rp25 miliar demi kesehatan warga Garut.

Sementara ini kata Euis, DPRD Garut belum menerima pengajuan tambahan alokasi dana BTT khusus mitigasi penyebaran virus corona dari Pemkab Garut.

“Bupati baru mengeluarkan tiga miliar, apabila (ada ajuan, red) Rp 5 miliar lebih kita setujui, walaupun Rp 25 miliar untuk pencegahan corona (jika diperlukan, red) kita siap (menyetujui, red), karena kesehatan itu lebih penting,” katanya di Lapang Otista Alun-alun Garut, kamis (26/3).

Lanjutnya, jika masa tanggap darurat Covid-19 ini diperpanjang, maka penyediaan logistik dan kebutuhan masyarakat harus benar-benar diperhatikan ketersediaannya.

“Selama 14 hari ini kita lihat tukang beca, pedagang gorang-goreng, delman tidak laku. Maka kita minta kesediaan pangan oleh Bupati, mungkin pa Bupati (bisa menyediakan, red) tahap dua,” tambahnya.

Ketika ditanya soal ketersediaan untuk Rapid Tes, dirinya pun telah mendorong agar daerah segera melakukan itu dengan skala prioritas sebagaimana instruksi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Kabupaten Garut belum ada yang positif, maka kita fokuskan ke pencegahan,” pungkasnya. (erf)