Disdukcapil Ciamis dan Banjar Musnahkan e-KTP

250
Disdukcapil Kabupaten Ciamis memusnahkan e-KTP dengan cara dibakar

CIAMIS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar, memusnahkan belasan ribu e-KTP yang datanya invalid dan juga rusak Senin (17/12/2018).

e-KTP itu dimusnahkan dengan cara dibakar agar e-KTP itu tidak disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Disdukcapil Kabupaten Ciamis, diketahui memusnahkan sebanyak 18.462 keping e-KTP.

“Ada pemusnahan KTP elektronik yang rusak invalid ini berdasarkan surat edaran Mendagri. Dikhawatirkan tercecer dimana saja, jadi harus dibakar,” ujar Agus Ali Akbar, Kepala Disdukcapil Ciamis.

Dikatakan Agus, 18.462 keping e-KTP tersebut dikumpulkan dari 27 Kecamatan. Sebelumnya e-KTP rusak dan invalid tersebut disimpan di gudang.

Pemusnahan dihadiri dari berbagai unsur, Satpol PP, Polres Ciamis, Inspektorat, Kesbangpol.

“Setelah pemusnahan ini kedepannya, bila ada e-KTP yang invalid dan rusak satu minggu sekali Disdukcapil Ciamis akan langsung melakukan pemusnahan,” tegasnya.

Dihubungi terpisah, Disdukcapil Kota Banjar diketahui memusnahkan sebanyak 18.477 keping e-KTP.

Belasan ribu keping e-KTP itu dilakukan dengan cara dibakar yang dipimpin langsung oleh Kepala Disdukcapil Kota Banjar, Anna Suparan.

Disdukcapil Kota Banjar bersama Forkopimda Kota Banjar memusnahkan e-KTP

Anna menjelaskan, belasan ribu keping e-KTP itu merupakan akumulasi selama setahun dari warga yang merubah status maupun alamatnya di e-KTP.

“Tujuan pemusnahan ini agar KTP tersebut tidak di salahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan khawatir tercecer di jalan” ungkapnya.

Pemusnahan KTP invalid tersebut dihadiri Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih dan disaksikan oleh perwakilan dari Polres Banjar dan dari Kejaksaan Negeri Kota Banjar. (mg1/mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here