Desa Sirnajaya Garut Salurkan BLT DD Bulan April

134

RadarPriangan.com, GARUT – Pemerintah Desa Sirnajaya, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) sebesar Rp600 ribu per Kepala Keluarga untuk alokasi bulan April, Kamis (22/5/2020).

BLT DD ini merupakan bantuan Pemerintah Pusat yang disalurkan melalui dana desa untuk masyarakat terdampak covid-19.

Kepala Desa Sirnajaya, Wewen Wendi menjelaskan, Desa Sirnajaya sendiri mendapatkan alokasi BLT DD sebanyak 180 Kepala Keluarga. Artinya jika dikalikan Rp 600 ribu, BLT DD yang disalurkan per bulannya sebesar Rp 108 juta.

“Alhamdulillah sebulan ke belakang saya mengadakan musdes khusus terkait bencana covid. Hasil musdes itu disepakati penanganan covid dan musdes itu dibubuhi berita acara. Dan desa Sirnajaya dapat kuota 180 KK,” jelas Wewen, saat dihubungi Kamis (21/5/2020).

Sebagaimana instruksi pemerintah pusat, bahwa BLT DD ini diberikan sebanyak 3 bulan bagi warga terdampak covid-19. Tiga bulan itu dimulai sejak April, Mei dan Juni.

Untuk distribusi bulan Mei sendiri kata Wewen, rencananya akan dilaksanakan di pertengahan bulan Juni nanti. Sementara untuk alokasi bulan Juni, akan disakurkan pada pertengahan bulan Juli.

Berdasarkan hasil musdes khusus di desa, penerima sendiri merupakan ajuan dari RT RW setempat. Karena RT RW yang paling mengetahui mana warganya yang benar-benar membutuhkan sesuai kriteria pemerintah.

Untuk Desa Sirnajaya dikarenakan memiliki 30 RT, maka per RT disepakati ada 6 Kepala keluarga yang mendapatkan BLT DD tersebut.

” Yang bulan April Alhamdulillah pada hari ini selesai, sudah tersalurkan. Alhamdulillah di lapangan suka cita ceria masyarakat ketika dapat bantuan ini. Karena dampaknya sangat bisa dirasakan. Karena banyak warga yang mata pencahariannya terganggu di sawah, ada karyawan swasta yang dirumahkan sementara,” jelas Wewen.

” Bahkan ketika tadi kita salurkan bantuan mereka gembira sekali. Bahkan ada yang bilang belum kebeli buat zakat fitrah, ada juga yang belum kebeli daging ayam (untuk idul Fitri),” tambah Wewen.

” Terimakasih kepada bapak Bupati pak Gubernur, pak Presiden. Saya sudah menyalurkan BLT DD untuk bulan April dan insyaa Allah di pertengahan Juni saya akan menyalurkan bulan mei, dan selanjutnya alokasi bulan juni akan disalurkan di pertengahan bulan Juli. Alhamdulillah sudah direncanakan dengan matang. Tidak ada kejadian-kejadian yang tidak diharapkan,” tutupnya.(*)