Desa Harus Inovatif

282

GARUT – Bursa Inovasi Desa (BID) menjadi salah satu event dalam mewadahi hasil inovasi pembangunan masyarakat dan desa dalam memanfaatkan dana desa. Hal tersebut diungkapkan Pj. Sekda Yatie Rohayatie, kepada wartawan.

Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi momentum pertukaran pengetahuan, penyebarluasan kegiatan inovatif serta penyebarluasan keberadaan penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD) bagi pemerintah dan masyarakat desa.

“Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan salah satu bentuk kegiatan pameran yang menghimpun kegiatan pembangunan masyarakat dan desa yang telah dinilai Inovatif/Pembaharuan terutama dalam pemanfaatan dana desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal atau kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta Inprastruktur desa,” kata Yatie.

Ia brg, melalui program Inovasi desa (PID) bisa mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif.

“PID merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat”, katanya.

Program inovasi desa sendiri, dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang diorientasikan untuk memenuhi pencapaian target kemajuan desa, melalui peningkatan produktivitas persewaan dengan bertumpu pada, pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta Pemenuhan dan Peningkatan infrastruktur persediaan.

Bursa Inovasi Desa (BID) diikuti 1.400 peserta perwakilan dari 421 desa dengan masing-masing desa sebanyak 3 orang perwakilan.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir perwakilan dari Kementrian Pertanian, TP2P Prov. Jabar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Didit Fajar Putradi, Sekretaris DPMD, perwakilan SKPD, para Camat, para Kepala Desa se-Kabupaten Garut, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kab. Garut, tokoh masyarakat, Ketua Asosiasi /Lembaga Profesi, Tenaga ahli dan pendamping Desa serta pengurus tim inovasi Kabupaten Garut. (erf)