Derby Jatim di Laga Puncak Pilpres

220
Persebaya Surabaya menang 3-2 atas Madura United (Dok. Persebaya Surabaya)

Leg 2: Madura United 2 v 3 Persebaya

RADARPRIANGAN.COM – Persebaya Surabaya berhasil melangka ke babak final Piala Presiden (Pilpres) 2019. Kepastian itu didapat usai tim berjuluk Bojul Ijo itu lagi-lagi mengalahkan Madura United di leg kedua babak semifinal.

Dalam babak semifinal leg kedua yang di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (6/4) kemarin malam, skuat asuhan Djadjang Nurdjaman berhasil mempermalukan Madura United di hadapan pendukungnya sendiri dengan skor 3-2.

Dengan demikian, Hansamu Yama dan kawan-kawan berhak atas tiket final Piala Presiden 2019 dengan agregat 4-2. Raihan agregat itu ditambah dengan hasil sebelumnya, dimana Persebaya berhasil mengalahkan Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dengan skor 1-0.

Madura United bermain agresif sejak awal pertandingan dengan mengandalkan pergerakan David Laly, Zah Rahan, dan Andik Vermansah di lini depan. Pergerakan ketiganya berhasil membuat pemain belakang Persebaya kerepotan.

Pertandingan berjalan semakin seru ketika Persebaya Surabaya mulai berani keluar menyerang dan mengembangkan permainan di 10 menit terakhir babak pertama.

Bahkan beberapa kali, Persebaya nyaris menambah skor agregat di menit-meint akhir. Namun sayang, beberapa peluang yang didapat kedua tim tak mengubah kedudukan 0-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Laskar Sape Kerap -julukan Madura United- terus menekan pertahanan Persebaya. Alhasil, saat babak kedua baru berjalan sembila menit, Aleksandar Rakic berhasil menyamakan agregat menjadi 1-1 atau unggul 1-0 (leg kedua ini) melalui sundulannya usai memanfaatkan umpan silang Alberto Goncalves.

Namun, keunggulan itu tidak berhasil dipertahankan tuan rumah. Berawal dari sepak pojok, bek Persebaya Otavio Dutra membobol gawang Muhammad Ridho sekaligus membuat skor menjadi 1-1.

Menit ke-69, tuan rumah kembali mengungguli Persebaya. Kali ini Beto yang mencatatkan namanya di papan skor usai tendangan terarah dari sudut sempit.

Harapan Madura United untuk tetap menggului Persebaya sirna di menit ke-82, kala Amido Balde mencetak gol untuk Persebaya melalui tandukkannya usai memanfaatkan umpan sundulan di muka gawang dari Irfan Jaya.

Di masa-masa injury time babak kedua, Hansamu Yama memastikan kelolosan Persebaya Surabaya ke final dengan golnya lewat skema serangan balik.

Dengan hasil ini, Persebaya sukses melangkah ke babak final Piala Presiden 2019. Tim kebangaan masyarkat Surabaya itu akan berhadapan dengan Arema FC di partai puncak.Singo Edan -julukan Arema-sendiri berhasil melangkah ke babak final usai menundukkan Kalteng Putra dengan agregat 6-0.

Di babak final, Persebaya Surabaya akan menjadi tuan rumah pada leg pertama pada 9 April 2019, mendatang. Hal ini berdasarkan hasil undian yang dilangsungkan di kantor PSSI pada Sabtu (6/4) malam usai pertandingan Madura United kontra Persebaya.

Persebaya dipastikan akan menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dalam pertandingan lg prtama babak final tersebut. Sementara Arema FC akan menjadi tuan rumah partai final leg kedua yang pertandingannya akan dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 12 April 2019. (gie/fin/tgr)

Susunan pemain:

Madura United: Muhammad Ridho; Marcko Sandy, Jaime Xavier, Fandri Imbiri, Alfath Fathier, David Laly, Zulfiandi, Zah Rahan Krangar, Andik Vermansah, Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic

Pelatih: Dejan Antonic (Serbia)

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; Syaifuddin, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Novan Sasongko, Misbakus Solikin, Muhammad Hidayat, Damien Lizio, Osvaldo Haay, Manuchekhr Dzhalilov, Amido Balde

Pelatih: Djadjang Nurdjaman (Indonesia)