Dana Desa Harus Menyentuh Pemberdayaan Ekonomi, Herdiat: Kades Jangan Salah Kaprah

117
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya tegur sapa dengan Kades usai sosialisasi Peraturan Bupati tentang Pedoman Teknis kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa tahun 2020 di Gedung Islamic Center Ciamis. (Rizki Aldi Saputra)

RadarPriangan.com, CIAMIS – Dana Desa dari Pemerintah Pusat yang telah dikucurkan ke Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diharapkan bisa terserap dengan baik.

Tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur, Dana Desa juga diharapkan bisa lebih meningkatkan pemberdayaan masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Dana untuk infrsatruktur cukup besar, setiap tahunnya ada dari Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), serta dibantu Banprov ( Bantuan Provinsi) ataupun anggaran dari setiap SKPD untuk membangun di desa,”ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya di hadapan para kepala desa se-Kabupaten Ciamis, di Gedung Islamic Center (18/02/2020).

Herdiat mengharapkan agar Dana Desa bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan menciptakan sumber daya manusia yang baik.

“Semoga dengan dana tersebut, masyarakat bisa langsung merasakan, menikmati kemajuan dan perkembangan desa;”ucapnya.

Herdiat juga mengingatkan, agar selalu hati-hati dalam mengelola uang yang telah dikucurkan pemerintah kepada para kepala desa. Harus digunakan sesuai dengan aturan dan jangan salah kaprah karena itu bisa merugikan sendiri.

“Hati -hati dengan uang yang begitu besar jangan sampai terjebak,” tegasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, Lili Romli juga mengharapkan Kabupaten Ciamis bisa lebih maju dengan adanya Dana Desa.

“Semoga dengan dana yang dikucurkan pemerintah untuk desa bisa terasa langsung oleh masyarakat Ciamis,” tegasnya.

“Ya semoga saja semua desa bisa amanah dengan dana desa, banprov dan anggaran lainnya untuk digunakan sesuai aturan dan ketentuan yang telah diberikan. Jangan sampai para kepala desa terjerumus pada lubang yang salah karena melihat uang yang begitu besar,” pungkasnya.(mg2)