Dana Desa Fokus Pengembangan SDM

288

RadarPriangan.com, JAKARTA– Penggunaan dana desa untuk lima tahun ke depan akan difokuskan pada pemberdayaan masyarakat desa. Berbeda dengan lima tahun ke belakang yang lebih mengutamakan infrastruktur dan pengembangan ekonomi.

“Kalau saat ini, kita tahu bersama dalam lima tahun ini untuk infrastruktur dan pengembangan ekonomi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Ansar Husen di Jakarta, Kamis (4/7).

Dikatakannya, komitmen tersebut telah disampaikan olehh Presiden Joko Widodo dan Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo. Artinya, penggunaan dana desa tidak hanya berkaitan dengan infrastruktur, melainkan juga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat desa.

“Yang terpenting adalah pengawasan terhadap penggunaan dana desa agar sesuai dengan tujuannya,” katanya.

Ia menjelaskan pengawasan langsung penggunaan dana desa sebenarnya di masing-masing pemerintah kabupaten, bukan Inspektorat Jenderal Kemendes.

“Sesuai alur penyaluran dana desa sendiri. Mulai rekening umum kas negara dari Kementerian Keuangan, disalurkan ke rekening umum kas daerah,” katanya.

Dari kas daerah, kata dia, selanjutnya dana desa disalurkan ke rekening umum kas desa.

“Makanya, kalau lihat dari alur itu, kami berusaha mengkoordinasikan, terutama dengan pemerintah daerah melalui inspektorat daerah agar bisa melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa,” katanya.

Akan tetapi, Ansar mengatakan pengawasan paling efektif tentunya dari masyarakat sebagai kontrol terhadap penggunaannya agar tepat sasaran.

“Pengawasan dana desa kan melibatkan banyak pihak, baik aparat keamanan dan pihak terkait. Namun, terpenting adalah pengawasan langsung dari masyarakat,” katanya.(gw/fin)