Bupati Harus Hati-hati Mutasi Pejabat

439
Haryono

RadarPriangan.com, GARUT – Bupati Garut Rudy Gunawan diimbau untuk lebih berhati-hati dalam melakukan rotasi dan mutasi pejabat. Terutama jika melihat Pemerintah Kabupaten Garut yang baru melaksanakan pembahasan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Menurut Ketua Mapag Haryono, RPJMD itu dibuat program-programnya oleh forum SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) untuk lima tahun ke depan. Untuk proses RPJMD di posisi 2020 itu sudah dibuat RKPD-nya, RKPD diambil dari RPJMD yang dalam proses itu.

Sehingga, kata Haryono, untuk yang 2020 proses RKPD ini bagian dari proses-proses forum RKPD, di mana bidang-bidang membuat program, itulah rencana kerja pegawai (RKP).

“Apabila itu dimutasi, nanti pegawai yang membuat RKP dalam bentuk RKPD otomatis tidak akan menjalankan RKPD-nya karena termutasikan,” kata Haryono, saat dihubungi Radar Garut, Senin (29/4).

Sebagaimana diketahui, upaya rotasi mutasi jabatan dalam skala besar itu sebagai bentuk akselerasi Bupati Garut Rudy Gunawan, untuk melakukan akselerasi program yang tertuang dalam visi misi Rudy-Helmi dalam mewujudkan Garut Bertaqwa, Maju dan Sejahtera.

Namun, jika dilaksanakan setelah adanya perumusan RPJMD, Haryono menilai, Rencana Kerja Pegawai (RKP) yang dibuat pegawai hari ini ternyata kemudian dimutasi dan digantikan orang baru, hal tersebut justru berpotensi pada tidak optimalnya pelaksanaan program yang sudah dirumuskan pada saat ini.

“Misalnya orang A membuat program untuk tahun 2020 artinya program itu pikiran orang itu dan dijiwai untuk dilaksanakan orang tersebut. Orang itu kemudian dimutasi dan program tersebut akhirnya dilaksanakan orang baru,” katanya.

Karena itu, Haryono mengingatkan agar Bupati Garut bisa berhati-hati dalam melakukan rotasi mutasi jabatan yang rencananya dilakukan secara besar-besaran pada Agustus 2019 mendatang.

“Posisi ini jangan sampai menjadikan niat Bupati mau Amazing jadi Amazong. Jadi saya harapkan pak Bupati hati-hati (dalam rotasi mutasi, red),” pungkasnya. (erf)