Bupati Ciamis Serahkan Bantuan 500 ribu Ekor Benih Ikan dari Disnakkan Provinsi

142

RadarPriangan.com, CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) menyerahkan bantuan 500ribu benih ikan untuk kegiatan restocking di perairan umum Ciamis, Kamis (25/6/2020) di Pendopo.

Bantuan benih ikan ini didapat dari Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan Provinsi Jawa Barat.

Bantuan benih ikan tersebut diserahkan kepada Kepala UPTD Disnakkan Kabupaten Ciamis dan kelompok peternak ikan untuk nantinya ditebar di perairan umum.

Penebaran benih ikan ini dilaksanakan guna meningkatkan ketahanan pangan dan peningkatan gizi masyarakat dengan konsumsi ikan.

“Hal ini sejalan dengan visi Ciamis Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua,” kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Dalam kegiatan itu, Herdiat menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut.

“Terimakasih atas bantuan yang telah diberikan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat yang diserahkan melalui Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan,” ucapnya.

Herdiat juga menilai bantuan benih ikan yang diserahkan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan Produksi hasil tangkap ikan dan menjaga ekositem ikan di perairan.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Syarif Nurhidayat menerangkan, tujuan dari penyerahan bantuan benih ikan untuk menjaga keseimbangan ekosistem serta meningkatkan jumlah produksi ikan tangkapan.

“Ditebar di perairan umum dilakukan untuk menjadikan Lumbung pangan hewani serta penambahan stok dan ragam jenis ikan untuk dimanfaatkan oleh masyarakat nantinya,” terangnya.

Ia mengungkapkan, jenis benih ikan yang diberikan berupa nila, dan patin sebanyak 500ribu ekor yang akan ditebarkan untuk 24 perairan umum di Kabupaten Ciamis.

“Rencana lokasi Restocking yaitu di perairan umum diantaranya sungai, danau, waduk, cekdam rawa dan genangan air lainnya,” jelasnya.

Untuk lokasi penebaran diantaranya, Cekdam Singapraya, Cekdam Ciwaled, Situ Rancagede, Situ Cimonteng, Cekdam Jaha, Embung Werkit, Situ Lengkong, Situ Cimulya, Cekdam Jati, Cekdam Legokjeruk, Embung Desa Ciakar, Cekdam Sukanagara, Cekdam Cinangka, Situ Wangi, Situ Hiyang, Sungai Cilaku, Cekdam Bantarasari, Cekdam Ciawi, Rawa Pasung, Rawa Pasungsari, Situ Rancabungur, Ranca Bitu, Cekdam Ciwahang dan Cekdam Panyeuseuhan.(Aldi/RP)