BUMDes Jadi Lokomotif Ekonomi Desa

196
Ketua APDESI Kabupaten Garut, H Asep Basir (Noto Prasetyo Wibowo)

RadarPriangan.com, Garut – Keindahan alam Kabupaten Garut dan berlimpahnya potensi yang ada di tiap desa, tentu bisa menjadi kekuatan tersendiri untuk memajukan ekonomi desa melalui penggalian potensi. Salah satunya bisa diolah dan dikelola melalui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

“Kondisi Kabupaten Garut ini memiliki banyak potensi baik di bidang pariwasata, tambakau seperti di wilayah Leles ini yang akan kita kembangkan melalui BUMDes dan alhamdulillah Kabupaten Garut sebagai pilot project sehingga diharapkan bisa membawa ekonomi desa yang lebih maju dan sejahtera. Jadi tinggal kepala desa bekerja dengan benar dan tentunya harus bisa menggali apa yang menjadi potenis yang ada di desanya masing-masing,” ujar Ketua APDESI Kabupaten Garut, H. Asep Basir saat ditemui di kediamannya, Kamis (13/02/2020).

Lanjut H.Asep, di Desa Sukarame, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut juga memiliki potensi bendera merah putih yang pada saat 17 Agustus menjadi momen membuat bendera merah putih raksasa yang panjangnya mencapai 1200 meter.

“Kita yang berada di organisasi para Kepala Desa tentu siap mendukung apa yang menjadi program Bupati yang tentunya kita harapkan bisa selaras dengan program-program yang mendukung pembangunan kesejahteraan di tiap desa,” ujar H.Asep.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa di Desa Sukarame terdapat situ yang panjangnya mencapai 3 kilometer yang mengairi tiga kecamatan di antaranya Kecamatan Leuwigoong, Leles dan Kecamatan Cibiuk.

“ Tentunya situ ini bisa menjadi destinasi wisata dan saya berencana akan dilakukan pengerukan yang nantinya bisa digunakan untuk olahraga dayung,” katanya. (bow)