Belum Ada Kepastian Pembangunan Lanjutan Terminal Guntur

37

RadarPriangan.com, GARUT – Kepala Terminal Guntur Sofyan Hidayat memastikan belum ada kabar bahwa tahun 2021 ini akan ada lanjutan pembangunan pada terminal Guntur. Kabar yang beredar bahwa tahun ini terminal Guntur akan kembali menerima anggaran pembangunan miliaran rupiah, dipastikan belum jelas.

” Untuk Garut sendiri gak ada. Yang jelas saya konfir beberapa kali. Harapan kmai di tahun ini masih ada tahapan pembangunan karena ada beberapa fasilitas yang kita perlukan. Namun sesuai dengan keputusan pimpinan, kebijakan pimpinan,” ujarnya (19/1).

Yang jelas kata Sofyan, jika ada pembangunan terminal tipe A, tidak hanya untuk Garut. Karena banyak terminal tipe A lain di seluruh Indonesia yang memerlukan pembangunan. Sehingga kecil kemungkinan kalau pembangunan itu akan terus dikucurkan untuk Kabupaten Garut.

Sepengetahuan Sofyan, pada tahun ini terminal tipe A yang akan dibangun oleh Kementerian Perhubungan adalah terminal tipe A di Kota Banjar dan Kabupaten Sumedang.

“Yang jelas kami ini sebagai penerima manfaat selepas dibangun kami yang menjaga, kami yang merawat, kami yang memelihara juga. Tentunya menjadi pertanggung jawaban kami bilamana dalam hal pemeliharaan kurang baik,” jelasnya.

Oleh karena itu kata Sofyan, pihaknya berharap dukungan dari masyarakat khususnya pengguna jasa angkutan atau pengunjung yang datang agar bisa menjaga terminal. Misalnya dari hal terkecil adalah menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Sebagaimana diketahui bahwa terminal Guntur merupakan terminal tipe A. Dan berdasarkan keputusan Pemerintah Pusat, bahwa terminal tipe A pengelolaannya dipindahkan kepada Pemerintah Pusat yaitu di bawah Kementerian Perhubungan.

Semenjak dipindahkan pengelolaan kepada Kementerian, terminal Guntur sendiri mendapatkan program pembangunan pada tahun 2020. Saat ini pembangunan terminal Guntur sendiri sudah selesai dan kondisinya sekarang memang jauh berbeda dari sebelumnya. Terminal Guntur sekarang ini berubah menjadi terminal yang representatif dan sangat nyaman. (fer/RP)