Bawaslu Garut Panggil Caleg Rika, untuk Klarifikasi Aksi Kampanye di Acara Mentan

342

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Rika Mustika, seorang caleg DPR RI dari Partai Golkar yang melakukan aksi kampanye di acara Menteri Pertanian di Garut dipanggil Bawaslu untuk dimintai keterangan.  Surat pemanggilan telah diberikan Selasa (26/3) kepada caleg yang mencalonkan diri di Daerah Pemilihan (Dapil) 11, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasik dan Kota Tasikmalaya itu.

“Hari ini penyampaian undangan klarifikasi,” kata Komisioner Bawaslu Asep Nurjaman kepada wartawan, Selasa (26/3).

Asep mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum bisa memberikan keterangan yang banyak terkait hal tersebut. Keterangan lebih lanjut akan diberikan seusai Bawaslu memeriksa yang bersangkutan.

Rika, kata Asep, rencananya akan dimintai keterangan Rabu (27/3). “Kami harus menunggu dulu hasil klarifikasi secara komprehensif,” pungkasnya.

Sebelumnya, saat kunjungan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Kabupaten Garut. Ada caleg DPR-RI dari Partai Golongan Karya yang ikut kampanye di acara Mentan bertajuk ‘Apresiasi dan Sinkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019’ tersebut.

Kejadian tersebut berlangsung Kamis (21/03) di lapangan SOR Ciateul, Jalan Merdeka, Tarogong Kidul. Saat Mentan Amran memberi sambutan di hadapan ratusan masyarakat Garut yang hadir ia sempat memperkenalkan rombongan yang menyertainya datang ke Garut, mulai dari Dirjen dan lainnya.

Setelah itu, Amran juga menyebut ada dua orang wanita bernama Rika Mustika dan Sandra Indriati dari Partai Golkar.

“Ada dari Partai Golkar Rika Mustika, kenal?..okai bantuannya aman. Ada dari Golkar Sandra Indriati, kenal? belum? sini bu perkenalkan namanya,” kata Amran.

Setelah itu, Rita dan Sandra kemudian bergantian memperkenalkan diri. Sandra lebih duluan memperkenalkan diri, namun ia hanya sedikit bicara.

“Damang ibu-ibu? Sampurasun, Nepangkeun nami Sandra,” katanya.

Setelah Sandra, giliran Rika yang maju dan ia lebih banyak berbicara di hadapan massa. Ia bahkan menyampaikan bahwa dirinya berasal dari Partai Golkar dengan nomor urut 3.

“Coba yang sudah kenal sama saya gapoktan, gapoktan saya mana? ya…itu gapoktan saya. Jangan lupa nanti minta lagi sama pak menteri,” ungkap Rika.

“Mungkin saya belum semua sosialisasi, saya mau mencoba sosialisasi. Singkat, perkenalkan saya Rika Mustika dari Partai Golkar, nomor 3. Jangan lupa pilih ya ibu-ibu. Terimakasih pak menteri atas waktunya,” kata Rika menambahkan.

Perkataan Rika tersebut langsung dikomentari Menteri Amran, dengan nada bercanda, Amran mengatakan jika jantungnya berdebar-debar.

“Jantung saya berdebar-debar. Panwaslu..bukan urusanku itu,” ujar Amran sambil tertawa.

Selepas kejadian itu, Amran kemudian melanjutkan sambutannya. Ia kemudian menyebut beberapa nama pejabat negara lain yang ikut mendampinginya ke Garut.

Sementara kedua caleg tersebut kembali duduk di kursi yang terletak di atas panggung, berdampingan dengan pejabat yang hadir.

Saat hendak dikonfirmasi wartawan selepas acara usai, kedua caleg tersebut pergi bersama rombongan Mentan. (igo)