Artis yang Berhenti Kredit dan Hindari Dosa Riba, Emang Seperti Apa Bahaya Dosa Riba?

18

RadarPriangan, JAKARTA – Banyak orang yang menyadari dosa riba dalam bertransaksi di era modern saat ini. Di antara yang dihindari adalah perkreditan atau meminjam uang di Bank konvensional.

Rangkuman FIN (Radar Priangan Group), setidaknya ada beberapa artis yang berusaha menghindari kredit karena dianggap riba dengan beban dosa yang besar menurut pandangan Islam. Berikut di antaranya:

Pasangan ini baru saja membangun rumah di wilayah Ibu Kota Jakarta. Selama ini, keduanya tinggal di sebuah apartemen.

Pasangan yang menikah pada 15 Januari 2011 ini mengakui tidak meminjam uang di bank untuk proses pembangunan rumah. Hal itu karena dianggap ad unsur riba. Jalan satu-satunya, mereka menjual dua buah apartemen milik keduanya. Uangnya kemudian dibangun rumah.

“Karena kita ngga mau kredit sama sekali, kita lagi berusaha doain mudah-mudahan istiqomah. Jadi akun jual dua apartemen aku yang ada di Permata Hijau sama yang ada di Pakubuwono,” jelas Zaskia Sungkar di Chanel YouTubenya belum lama ini.

Zaskia mengatakan, keputusan pindah rumah itu dilakukan sebab dirinya dan Irwansyah sedang menanti kelahiran sang buah hati pertamanya.

“Jadi kita putusin untuk pindah rumah, karena selama ini kita tinggal di apartemen kan. Jadi kita jual apartemen kita, karena, kita ngga mau ada riba, lagi berusaha, jadi semua pelan-pelan.” Ujar Zaskia Sungkar.

Aktris cantik Fivey Rachmawati atau yang akrab disapa Five Vi, kini semakin mantap berhijrah. Pemeran film Hantu Binal Jembatan Semanggi (2009) ini, bahkan semakin religius setelah mendalami halal dan haram dalam Islam.

Bukan saja bercadar, hal-hal yang mengandung dosa riba juga dia tinggalkan. Misalnya perkreditan. Jauh sebelum hijrah, Five Vi terlibat dalam Kredit Pemilikan Rumah (KPR), namun setelah mendalami ilmu agama soal riba, artis 40 tahun mengaku berhenti dari kegiatan kredit tersebut.

“Aku belum tahu KPR (Kredit Pemilikan Rumah) itu riba. Jadi saya ada cicilan juga tapi bismillah karena saya sudah tahu itu semua ya bismillah (berusaha berhenti),” kata Five Vi kepada wartawan, Ahad (18/10).

Five bahkan mengaku telah memotong kartu kreditnya setelah mengetahui bahwa dosa riba itu berat hukumannya. “Bahkan saya kemarin sampai motong kartu kredit saya. Sudah nggak mau lagi saya, berat hukumnya. Saya nggak perlu dunia,” ujar Five Vi.

Sama halnya dengan Five Vi, desain kondang, Ivan Gunawan juga telah memotong kartu kreditnya. Hal itu diketahui dari akun instagramnya.

” Thank you kartu credit ….. makasie dah nemenin belanja selama ini,” tulis Ivan Gunawan, melengkapi unggahan itu belum lama ini.

Saat ditemui wartawan, Ivan Gunawan mengatakan, dia memotong kartu kredit agar terlepas dari beban utang piutang.

“Maksudnya ya aku nggak kepengen memperbanyak utang-utang yang nggak penting sih,” ujar Ivan Gunawan.

Buat Igun dengan adanya kartu kredit justru membuat hidupnya merasa lebih sengsara. Karena saat tidak punya uang tapi menginginkan barang, kartu kreditlah yang bicara. Alhasil jadi berutang.

” Karena kalau ada kartu kredit, sesuatu yang nggak ada, terkadang bisa diada-adain. Pengen sesuatu tapi ternyata uangnya nggak ada akhirnya gesek pake kartu kredit,” ucapnya.

” Aku lagi pengen hidup tanpa kartu kredit. Jadi berusaha menutup-nutupi kartu kredit yang selama ini aku pakai. Ya gitu, kemaren hari Jumat udah nutup 3, hari ini nutup 3 lagi dan masih ada beberapa kartu kredit juga yang mau aku tutup,” tutur dia.

Seperti apa bahaya dosa riba dalam Islam? 

Dosa riba merupakan dosa besar dalam pandangan Islam. Dalam Alquran surah Ali Imran ayat ke-130, Allah SWT berfirman.

Artinya, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapatkan keberuntungan.”

Pada ayat lain, yakni surah al-Baqarah: 125, Allah memberikan perumpamaan bagi pelaku riba. “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu adalah disebabkan mereka berkata, sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba.”

Dosa riba melebihi dosa menikahi ibu kandung.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Riba itu memiliki 70 pintu. Yang paling ringan adalah seperti seseorang yang menikahi ibunya sendiri. Sedangkan yang paling berat adalah seseorang yang senantiasa merusak kehormatan saudara Muslimnya.”

Dalam riwayat Anas disebutkan, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Satu dirham yang didapat oleh seseorang dari hasil riba itu lebih berat daripada berzina sebanyak 36 kali, dalam pandangan Islam.” (dal/fin).