Arga, Pengusaha Asal Ciamis Kembangkan Budidaya Ikan dengan Membina Kelompok Tani

59

Gandeng Pengusaha Asal Bandung

RadarPriangan.com, CIAMIS – Seorang pengusaha asal Kabupaten Ciamis, Arga Susyla Prayoga membuat program pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian dan perikanan. Pemberdayaan itu menggandeng seorang pengusaha asal Bandung, Hj Wiwin Siwundaryati dengan perusahaannya bernama PT Adwana Sinergis Pratama.

Pemberdayaan ini melibatkan kelompok tani (poktan) Wannajaya di Desa Jelat, Kecamatan baregbeg. Yaitu sebuah program membuat 200 kolam ikan untuk masyarakat.

Kegiatan ini pun mendapatkan simpati dan dukungan masyarakat setempat. Banyak masyarakat yang tertarik untuk mengikuti program tersebut.

Pada hari Kamis (19/11) pengusaha asal Bandung pendiri PT Adwana Sinergis Pratama datang mengunjungi kelompok tani Wannajaya yang menjadi binaan.

Dalam kunjungan itu sekaligus dilakukan tebar benih ikan sebagai simbolis bentuk kerjasama. Juga sebagai bentuk nyata dukungan dan bantuan untuk Poktan Wannajaya dalam mewujudkan kawasan perikanan terpadu yang di dalamnya nanti terdapat 200 kolam ikan.

Arga Susyla Prayoga,S.E. menyampaikan, sebagai pengusaha putra daerah, dia merasa bangga di Desa Jelat sendiri ada kelompok tani yang punya konsep luar biasa.

Program ini menurutnya sangat penting karena menyangkut hajat hidup banyak orang terutama petani, peternak, dan para remaja putus sekolah. Konsep ini membuka lapangan kerja baru bagi warga sekitar.

” Untuk itu saya terpanggil untuk ikut bergabung di dalamnya, agar ke depan kami bisa membantu masyarakat lebih banyak lagi,” ujarnya.

“Saya sebagai putra daerah begitu bangga dan support kegiatan yang menyangkut dengan lapangan pekerjaan apalagi ini menyangkut hajat hidup masyarakat Kecamatan Baregbeg dan sekitarnya,” tambah Arga.

Keberadaan kelompok tani ini menurut Arga harus benar-benar diperhatikan dengan baik. “Semoga dengan adanya kelompok tani Wannajaya masyarakat di lingkungan bisa terus berkarya untuk membuat inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat,” jelasnya.

Lanjut Arga, dari pertemuan dengan pengusaha Bandung itu dibuat kesepakatan yang mana isi diantaranya pembangunan dan penyelesaian paket kolam yang terdiri dari 25 kolam ditambah 1 filter air.

Kemudian pengembangan dan distribusi pupuk cair organik, dan pengembangan laboratorium penetasan telor ikan milik Poktan Wannajaya sebagai sarana penyediaan benih ikan untuk proses budidaya pada kolam tersebut.

” Bantuan secara simbolis berupa 10.000 ekor ikan, berikut 2 ton pakan, kepada Poktan Wannajaya yang diterima langsung oleh ketua Poktan Wannajaya ketua Dodi Karnahudaya,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Ketua Poktan Wannajaya Ir. Dodi Karnahudaya menyampaikan, terima kasih bagi semua pihak yang telah mengapreasiasi program yang mereka jalankan untuk pembangunan masyarakat.

” Jujur senang sekali hasil pemikiran ide dan kerja keras yang kami tuangkan diapresiasi orang-orang hebat seperti Arga Susyla Prayoga serta pengusaha dari Bandung. Kita yakin ke depan program pemberdayaan melalui konsep kawasan perikanan terpadu milik Poktan Wannajaya akan segera terwujud dengan campur tangan beliau,” katanya.

Sementara itu Wiwin pengusaha asal Bandung menyampaikan, kerjasama ini bentuk keseriusan dalam mewujudkan dan membangun daerah dengan menggandeng putra daerah.

” Konsep pemberdayaan masyarakat Poktan Wannajaya sangat luar biasa. Saya sebagai pribadi dan sebagai pengusaha ikut bangga dan saya nyatakan bergabung untuk pengembangan konsep tersebut. Ini menyangkut pemberdayaan masyarakat yang sangat luar biasa, karena dengan konsep ini ribuan kepala keluarga bisa mendapatkan penghasilan,” katanya. (ald/RP)