Aparat Gabungan Perbaiki Rumah Korban Angin Puting Beliung

177

CIAMIS – Puluhan rumah di Desa Mekarsari, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis mengalami rusak akibat diterjang angin puting beliung, Jumat (03/01/2020).

Polres Ciamis beserta Kodim 0613 Ciamis, dan BPBD, melakukan perbaikan terhadap rumah yang rusak tersebut.

Polres Ciamis sendiri menerjunkan 50 personel, dan Kodim 0613 Ciamis menerjunkan 22 personel ke lapangan.

Aparat gabungan ini memangkas pohon yang menimpa rumah, hingga naik ke atap memperbaiki genting bocor.

“Kita ke lapangan, membantu korban bencana angin puting beliung di Desa Mekarsari. Kami berikan paket sembako untuk para korban,” ujar Kabag Ops Polres Ciamis Kompol Sumari, Sabtu (04/01/2020).

“Saat ini kondisinya sudah mulai normal kembali. Total rumah yang rusak sekitar 58 rumah. Yang parah 3 rumah. Target kita semua rumah baik yang rusak ringan dan rusak berat agar aman dihuni,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Ciamis Soekiman mengatakan, dari hasil pendataan terakhir pihaknya ada 58 rumah rusak. Kerusakan akibat atap genting tertiup angin kencang dan tertimpa pohon berukuran cukup besar.

“Kita sudah menyalurkan logistik untuk membantu warga. Dibantu unsur Polri, TNI dan masyarakat bersama-sama membersihkan puing-puing rumah yang rusak dan membantu memperbaiki rumah,” ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada selama musim hujan. Karena Kabupaten Ciamis termasuk salah satu daerah yang rawan bencana terutama longsor dan angin puting beliung.(mg2)