Anggota DPRD Garut Bantu Bangun Rumah Janda Miskin di Desa Sindangratu

20
Yudha Puja Turnawan meninjau ke lokasi pembangunan sekaligus membawa sejumlah bahan bangunan

GARUT – Ketua DPC PDI Perjuangan Garut, Yudha Puja Turnawan membantu pembangunan rumah janda miskin di Kampung Pangkalan, Desa Sindangratu, Kecamatan Wanaraja.

Yudha yang juga Anggota DPRD Garut itu memberi bantuan uang tunai dan sejumlah bahan bangunan untuk pembangunan rumah janda miskin bernama Nia tersebut.

Pembangunan sendiri dilaksanakan swadaya gotong royong antara Yudha bersama warga Desa Sindangratu. Dalam hal ini Yudha mengaku semangat membantu ketika dihubungi oleh tokoh pemuda setempat karena ada swadaya warga di sana.

” Kemarin tanggal 16 Februari bertepatan dengan momentum Hari Jadi Garut kita ngasih uang tunai, nah sekarang ngasih tambahan hebel dan keramik,” ujar Yudha, Jumat (19/2/2021).

” Ketika itu saya dihubungi oleh tokoh pemuda setempat bernama kang Opik, mendengar ada swadaya di sana saya semangat untuk membantu, makanya saya langsung turun ke lokasi,” tambah Yudha.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Sindangratu, Yuyu Sunia membenarkan kedatangan Ketua DPC PDI Perjuangan Garut Yudha Puja Turnawan membantu warganya tersebut.

“Ya tadi pak Dewan ngirim bahan-bahan. Kemudian ada swadaya dari warga setempat kemudian juga keluarga bu NIa,” ujar Kades saat dihubungi melalui sambungan selulernya.

Yuyu menjelaskan untuk Nia sendiri sebelumnya sudah pernah diusulkan dalam Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), namun tidak masuk. Kemudian pernah juga diusulkan mendapat bantuan rutilahu namun anggarannya di-cancel karena penanganan covid-19.

“BSPS sudah diajukan tapi tidak dapat, rutilahu sudah diajukan tapi kebetlan ada covid anggaran itu di-cancel untuk penanganan covid jadi belum bisa terealisasikan,” tegasnya.

Dihubungi terpisah, Ropik Romdon Rosidin, tokoh pemuda setempat menceritakan, awalnya rumah janda miskin itu runtuh bagian atapnya. Karena melihat kondisi tersebut maka dia bersama ayahnya yang menjabat ketua RW memutuskan untuk memulai pembanguna secara swadaya. Alhamdulillah kata Ropik, warga bersama keluarga Nia pun bersedia melakukan swdaya.

Kemudian Ropik pun menghubungi Ketua DPC PDI Perjuangan Garut Yudha Puja Turnawan untuk meminta bantuan.

Mendapat kunjungan Yudha Puja Turnawan, Ropik mengaku kaget, karena sikap Yudha yang responsif terhadap aspirasi masyarakat.

“Ya kang, saya itu kaget ketika pak Yudha datang, karena gak percaya aja ternyata permohonan saya ditanggapi. Tadinya kan saya itu cuma coba-coba saja,” ujar Ropik. (fer)