Alih Fungsi Lahan, Resapan Air di Darajat Makin Minim, Pasirwangi Rawan Banjir

271
MELUAP: Banjir di Pasirwangi saat hujan deras, Rabu sore (20/3).

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Minimnya resapan air di kawasan Darajat, Kecamatan Pasirwangi kerap menyebabkan banjir hingga meluap ke jalan raya.

Seperti yang terjadi kemarin sore (20/3), hujan deras yang mengguyur kawasan Darajat membuat jalan utama Kecamatan Pasirwangi tergenang banjir disertai lumpur.

“Banjir ini sering terjadi kalau hujan lebat, dari dulu sampai sekarang tidak ada perbaikan dari pemerintah,” tutur Fauzi, 27, salah warga sekitar.

Fauzi menilai, semakin minimnya lahan yang berfungsi sebagai resapan air di Kawasan Darajat menjadi bagian pemicu terjadinya banjir.

Sementara itu, warga lainnya, Rahman, 27, mengatakan, tidak adanya saluran air atau drainase di sekitar Jalan Raya Pasirwangi memperparah banjir ketika hujan lebat.

“Aneh saya, ini masuk cagar alam tapi terjadi banjir. Bangunan permanen di atas kian marak ketimbang beberapa tahun lalu. Ini jelas berdampak pada minimnya serapan air, buktinya ini banjir ke jalan, padahal Pasirwangi itu dataran tinggi. Pemerintah jangan menutup mata dengan kondisi ini, harus berikan solusi jangan di perkotaan saja yang diperhatikan,” pungkasnya. (erf)