Ada 8 Trouble Spot di Garut

305
Pamantauan jalur mudik Lebaran 2019 oleh Kakorlantas, di Pasar Limbangan. (Istimewa)

Polres Garut Siapkan Jalur Hadapi Mudik

RadarPriangan.com, GARUT – Ramadan akan segera tiba dalam beberapa hari ke depan. Saat ini pihak kepolisian melalui Satuan Lalulintasnya tengah bersiap menyiapkan jalur yang akan dilewati oleh pemudik, dan di Garut salah satunya adalah jalur selatan nasional.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro menyebut bahwa Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Refdi Andri sempat melakukan kunjungan penglihatan lapangan sebagai penelitian di jalur selatan yang masuk ke wilayah Polres Garut.

“Dalam kunjungan bapak Kakorlantas pada Jumat (26/4) ada arahan setelah dilakukan penglihatan atau penelitian bersama instansi terkait dari pusat dan Provinsi Jawa Barat. Memang sebelumnya yang dicek adalah jalur tol sampai Jawa Tengah lalu pulangnya melewati jalur selatan ini,” kata Rizky, Minggu (28/4) di Mapolres Garut.

Saat melewati jalur selatan, sebut Rizky, Kakorlantas sempat berhenti di Pasar Limbangan, Kecamatan BL Limbangan. Kakorlantas melihat terjadi perubahan situasi Pasar Limbangan dibanding tahun sebelumnya.

“Memang ada pembangunan bangunan baru yang menyebabkan aktivitas ekonomi di sekitar Pasar Limbangan bertambah sehingga efeknya memengaruhi arus lalulintas di sekitarnya. Arahan dari bapak Kakorlanyas agar kanalisasi maksimal seperti tahun lalu dilaksanakan kembali,” jelasnya.

Selain Pasar Limbangan, Kakorlantas pun sempat mengarahkan untuk memperhatikan p
Pasar Lewo karena juga adanya aktivitas ekonomi di sana. Namun secara umum di wilayah Kabupaten Garut, disebut Rizky terdapat 8 hingga 9 trouble spot yang bisa mengganggu arus lalulintas.

“Ada juga harapannya lainnya, yaitu konpensasi Pemerintah Kabupaten Garut terhadap pengusaha andong tetap dilaksanakan. Bahkan kalau perlu diperpanjang. Kalau sebelumnya kan hanya 7 hari. Kalau bisa full H-7 hingga H+7,” katanya. (igo)