7 Bulan Blangko e-KTP Kosong di Ciamis

191

CIAMIS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis, masih terus berusaha untuk mengupayakan memenuhi kebutuhan masyarakat. Pasalnya terhitung sudah 7 bulan blangko kosong.

“Kekurangan blanko kartu tanda penduduk e-KTP karena keterbatasan blanko di tingkat pusat,”ujar kabid kependudukan Ciamis, susi, Rabu (15/01/2020).

Saat ini blanko yang diberikan pemerintah pusat hanya 500 lembar,jumlah itu sangat kurang dibandingkan dengan kebutuhan yang ada. Sementara kebutuhan blanko e-KTP cukup banyak.

“Blangkon e-ktp hanya 500 sedangkan pada tahun 2019 kemarin pun masih banyak yang belum terpenuhi karna terbatasnya blabgkon dari pusat,”ucapnya.

Susi menambahkan, untuk sementara kita kasih dulu surat keterangan kependudukan (Suket),surat tersebut bisa di gunakan sama seperti e-ktp.

” Suket pengganti belangko sementara dalam menanggulangi keterbatasan. Di masarakat kalau belum ada e-ktp masyarakat bisa mengunakan suket tersebut untuk keperluan identitas,” katanya.

Menurut Susi, fungsi suket sama seperti e-ktp cuma bedanya suket harus diperpanjang per enam bulan. “Sebelum blangko belum ada kita gunakan dulu suket untuk mengcover masarakat yang belum mendapatkan e-ktp,” ujarnya.

“Masarakat agar terus bersabar kita juga dari pihak dinas inginnya cepat dalam melayani masyarakat, tapi apa daya dengan keterbatasannya blangko dari pusat,”pungkasnya.(mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here