30 Persen Hewan Kurban Belum Cukup Umur

280
Dinas Peternakan Kabupaten Garut masih banyak menemukan hewan yang belum memenuhi syarat syariat untuk kurban. (IQBAL GOJALI/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Rabu (31/7), tim kesehatan dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut melakukan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah tempat peternakan. Dari hasil pemeriksaan sendiri ditemykan masih adanya hewan kurban yang belum cukup umur untuk disembelih sesuai syariat.

Kabid Kewasan Kesmavet pada Diskanak Kabupaten Garut, Diah menyebut bahwa di salah satu peternakan di wilayah Kecamatan Garut Kota pihaknya masih menemukan sapi yang belum cukup umur. Kondisi sapinya sendiri terlihat sudah cukup besar dan jumlahnya sendiri cukup banyak.

“Mungkin peternaknya menggunakan inseminasi sehingga sapi yang belum cukup umur pun memiliki bobot badan yang cukup besar. Tapi kan untuk hewan kurban ini harus sesuai syariat Islam, salah satunya dari umur hewannya,” ujarnya, Rabu (31/7).

Saat ini sendiri, diperkirakan Diah, jumlah hewan kurban yang belum cukup umur namun diperjualbelikan persentasenya sekitar 30 persen. Oleh karena itu ia meminta agar para penjual hewan kurban jujur saat menjual hewan miliknya agar sesuai dengan syariat Islam.

Selain memeriksa umur hewan, Diah mengaku bahwa pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatannya. Ia menyebut bahwa peternak dan penjual harus memerhatikan juga kesehatan hewan, khsususnya untuk mengindari penularan penyakit zoonosis kepada manusia.

“Jadi kami memeriksa fisik hingga surat keterangan sehat hewan kurban sehingga saat sudah disembelih dagingnya aman dikonsumsi,” katanya. (igo)