276 Surat Suara Ditemukan Rusak

273
Penyortiran surat suara untuk Pemilu 2019. (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

GARUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut temukan 276 surat suara yang rusak. Kondisi itu diketahui setelah proses penyortiran dan pelipatan surat suara pada hari ketiga. 

Ketua KPU Garut, Junaidin Basri, mengatakan, sejumlah surat suara rusak sudah dikumpulkan, dipisahkan dan diamankan petugas.

“Dipisahkan dulu terus nanti dihitung total yang rusaknya. Nanti dihitung akumulasi kekurangannya biar ada penggantian,” kata Junaidin, Selasa (12/3). 

Menurutnya, beberapa kerusakan disebabkan terdapat bercak warna yang buram, kusut, dan bolong. Setiap petugas sortir dan lipat diminta untuk teliti saat melalukan pelipatan. 

Setiap harinya, ada 400 orang tenaga penyortir, upaya tersebut diperkirakan selesai dalam dua pekan. 

Terpisah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Garut, saat ini tengah melaksanakan perekaman e-KTP jelang Pemilu, di antaranya menyasar kalangan millenial.

“Kami sengaja jemput bola dan kebut petekaman eKTP. Soalnya sebentar lagi sudah dekat Pemilu,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Elvip Zulvikar kepada wartawan. 

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT) karena belum merekam e-KTP. Pihaknya mengutamakan kalangan milenial karena jumlahnya cukup banyak yang belum mempunyai data diri. 

Pihaknya mengupayakan para pemuda pemudi bisa mencoblos dan sudah punya eKTP pada Pemilu nanti. (erf)