25 Juta Penerima BPJS Salah Sasaran, Pemerintah Akan Verifikasi Ulang Akun Penerima Bantuan

53
Foto : Istimewa

Garut – Program BPJS yang seharusnya bisa dinikmati oleh kalangan masyarakat kurang mampu atau masuk dalam kategori miskin, ternyata program tersebut masih banyak dinikmati oleh orang kaya yang jumlahnya mencapai 25 juta akun BPJS.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan, bahwa saat ini akhirnya pemerintah akan melakukan verifikasi dan validasi data agar BPJS kedepannya bisa tepat sasaran.

“Tadi ada yang menanyakan ke saya saat kegiatan Reses, KK (Kartu Keluarga) nya tidak mampu ternyata tidak mendapat BPJS. Sehingga dijawab sama saya bahwa APBD tahun 2020 akan ada penambahan BPJS untuk 30 ribu orang yang semula jumlahnya 78 ribu menjadi 108 ribu orang,” jelasnya saat ditemui usai kegiatan Reses di Aula Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Selasa (21/1/2020).

Yudha juga menyampaikan, pihak Pemkab Kabupaten Garut telah menyediakan anggaran melalui Dinas Sosial (Dinsos) hingga 1 miliar lebih untuk melakukan verfikasi dan validasi pendataan orang miskin, sehingga nantinya BPJS bisa tepat sasaran dan bisa dinikmati oleh orang yang tidak mampu.

“Kegiatan validasi dan verifikasi data tersebut akan dilakukan satu desa satu orang dan ditargetkan bulan Juni selesai,” ujarnya.

Lanjut Yudha, dirinya bersama anggota DPRD Kabupaten Garut yang tergabung di Komisi IV telah melakukan kunjungan kerja ke Kementrian Sosial untuk membahas mengenai pembahasan mengenai bantuan BPJS untuk orang miskin agar tepat sasaran.

“Saya bersama Komisi IV telah melakukan kunker ke Kemensos pada tanggal 13-14 Januari 2020, tentu kita berharap nantinya ada sinergisitas antara Pemerintah Pusat dengan Pemda agar mempunyai parameter yang sama dan akhirnya bantuan untuk orang miskin bisa tepat sasaran,” jelasnya.

Selain melakukan kegiatan Reses, Yudha juga menggelar pengobatan gratis bagi warga Desa Cimurah sehingga masyarakat bisa mengecek kesehatan dan bisa mendapatkan obat secara gratis karena telah disediakan dokter maupun obat-obatnya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here