Wagub Ajak Warga Jabar Lestarikan Hutan

74
Wakil Gubernur menanam pohon di hutan Desa Budiasih, Kecamatan Sindagkasih, Kabupaten Ciamis. (Rizki Aldi Saputra)

CIAMIS – Dalam meperingati hari Gunung sedunia Wakil Gubernur Jawa Barat, H.Uu Ruzhanul Ulum, mengajak masyarakat Jabar untuk peduli terhadap hutan di gunung.

Menurutnya perlu adanya kesadaran masyarakat terhadap gunung, jangan sampai gunung menjadi gundul karena penebangan liar.

Menurut Uu, hutan sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. “Kita sebagai manusia wajib menjaga hutan untuk anak cucu kita nanti,” katanya.

“Hutan memberikan segalanya untuk kita, dari mulai air hingga makanan buat makhluk hidup, jadi jaga hutan jangan sampai gundul,”ucap Uu saat menanam hutan di Desa Budiasih, Kecamatan Sindagkasih, Kabupaten Ciamis, Minggu (29/12/2019)

Uu menambahkan, dengan hutan yang hijau, kita bisa memanfaatkan sumber daya alamnya dengan baik tanpa harus merusak hutan.

” Hutan yang memberikan kita Air untuk kehidupan kita sehari-hari maka dari itu jagalah dan cintai hutan,” katanya.

“Jangan pernah merusak hutan, kalau bisa tanam terus pohon untuk kehidupan, bilamana hutan gundul kehidupan pun akan terancam longsor banjir dan lain-lain, karena hutan yang gundul,” tambahnya.

Uu berharap, dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini bisa menjadi baik untuk ke depannya.

Sementara itu, Ketua forum peduli alam dan lingkungan Galuh Asri, Nur Zm (PEDALGAS) menyampaikan, gunung yang kita jaga dan kita lestarikan ini untuk kehidupan bersama.

“Untuk saat ini kita tanam pohon Alpukat, karena pohon tersebut bisa menahan terjadinya longsor dan pohon ini juga bisa menghasilkan buah enak untuk kita,” ujarnya.

Menurutnya, permasalahan Ciamis hanya satu yaitu air. Banyak dusun desa yang tergantung pada air sungai yang mengalir bukan dari sumber mata air dari gunung Sawal.

“Sementara saat ini gunung di kaki gunung sawal gundul air pun tidak ada , biasanya dalam kemarau panjang pun masyarakat masih bisa menggunakan air dari gunung tapi saat ini gunung gundul dan air pun kering,” ucapnya.

Kang Nur zm Berharap, semoga kegiatan penanaman pohon ini bisa terus berkelanjutan jangan hanya untuk kali ini saja, banyaknya hutan yang gundul dan perlu ditanam pohon untuk menjaga kehidupan.

“Harus terus berlanjut penanaman pohon di gunung jangan hanya sekali dua kali tapi harus berkelanjutan dan jangan pernah membuat hutan gundul,” pungkasnya.(mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here