Uu Jadi Peserta Upacara Hari Lahir Pancasila di Ciamis

36
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyalami peserta upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni, di Alun-alun Ciamis, Sabtu (1/6). (RIZKI ALDISAPUTRA/RADAR PRIANGAN)

RadarPriangan.com, CIAMIS – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memilih mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Ciamis, Sabtu (1/6/2019).

Dalam upacara Uu Ruzhanul Ulum hanya sebagai peserta dan duduk di bangku kehormatan bersama para pejabat Pemkab Ciamis. Sedangkan yang menjadi Inspektur Upacara adalah Bupati Ciamis Herdiat Sunarya. Upacara berlangsung khidmat diikuti oleh ratusan PNS di Ciamis, Polisi, TNI, Satpol PP dan unsur masyarakat. 

Setelah selesai upacara, Uu menyapa para pejabat di Ciamis menyalaminya satu per satu. Bahkan beberapa peserta upacara menyempatkan diri untuk meminta berfoto dengan mantan Bupati Tasikmalaya ini.

Menurut informasi, Uu tengah berada di wilayah Priangan Timur untuk mengikuti sejumlah kegiatan termasuk melakukan pemantauan arus mudik di sejumlah Posko dan memantau harga bahan pokok di pasar.

“Pancasila jangan dipermasalahkan, daripada mempermasalahkan Pancasila lebih baik mempemasalahkan pembangunan, pendidikan, kesehatan dan lainnya yang membawa baik masyarakat Jawa Barat,” ujar Uu.

Uu berpesan seluruh masyarakat Jawa Barat harus menghargai para leluhur bangsa yang telah melahirkan Pancasila. Karena para leluhur ini berasal dari keberagaman elemen masyarakat, ulama, kiai, politisi dan berbagai macam agama. 

“Pancasila sebagai dasar negara sudah menjadi kesepakatan bangsa Indonesia. Kalau sudah sepakat kenapa dipermasalahkan. Kalau ada yang seperti itu berarti ketinggalan era hari ini,” ucap Uu. 

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan meski hari libur Pemkab Ciamis melaksanakan upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila. Dengan upacara ini diharapkan upacara-upacara peringatan yang lainnya harus semangat untuk mengikutinya. Ia mengajak masyarakat untuk turut serta dalam upacara.

“Ke depan masyarakat juga harus ikut terlibat di dalamnya, jadi tidak hanya PNS. Minimal perwakilan masyarakat dari Ormas dan lainnya,” ucapnya. 

Menurut Herdiat, dengan semangat hari lahir Pancasila ini harus dimaknai oleh semua pihak. “Harus menghayati, menjiwai dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya. (mg2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here